Camat Kundur, Eri Noval Jadinata menyerahkan bantuan bagi masyarakat tak mampu dalam program bantuan dari UPK PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Kundur, Selasa (5/3/2019) di Gedung Payung Sekaki Kilometer 4 Kecamatan Kundur.
Camat Kundur, Eri Noval Jadinata menyerahkan bantuan bagi masyarakat tak mampu dalam program bantuan dari UPK PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Kundur, Selasa (5/3/2019) di Gedung Payung Sekaki Kilometer 4 Kecamatan Kundur.

Karimun, Lendoot.com – Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan Kecamatan Kundur menggelar kegiatan saling berbagi dengan masyarakat tak mampu, Selasa (5/3/2019). Masyarakat kurang mampu ini tersebar di enam desa dan kelurahan.

Kegaitan digelar di Gedung Payung Sekaki Kilometer 4 Kelurahan Tanjungbatu Barat Kecamatan Kundur. dalam bentuk menyerahkan bantuan berupa sembako dan uang tunai, kepada 141 orang penerima, dengan total dana yang disalurkan sebesar Rp 85 juta.

Ketua Dana Sosoial (Dansos) UPK PNPM Mandiri Pedesaan Kecamatan Kundur, Alimun mengatakan, kegiatan penyerahan bantuan bagi masyarakat tak mampu tersebut, dialokasikan melalui 11 persen dari hasil surflus kegiatan simpan pinjam (SPKP) tahun anggaran 2018.

“Program bantuan ini dikhususkan bagi rumah tangga miskin (RTM) atau fakir miskin. Dengan beberapa kategori atau ketentuan, seperti misalnya penerima ditentukan atas kerjasama dari pihak RT, RT dan Dusun setempat, yang harus berdomisili di Kelurahan atau Desa bersangkutan, dengan melampirkan fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, serta belum pernah menerima bantuan dana sosial dari program PNPM sebelumnya ditahun 2018,” ungkap Alimun.

Adapun jenis bantuan yang diberikan kepada masing-masing penerima antara lain, sembako berupa beras 10 kilogram, minyak goreng lima liter, gula pasir dua kilogram yang ditotalkan nilainya mencapai Rp200 ribu, serta uang tunai sebesar Rp 300 ribu.

Sedangkan rincian jumlah penerima dari enam Desa dan Kelurahan se Kecamatan Kundur antara lain, Kelurahan Tanjungbatu Kota 37 penerima, Kelurahan Tanjungbatu Barat 33 penerima, Kelurahan Gading Sari 16 penerima, Desa Sungai Sebesi 24 penerima, Desa Sungai Ungar 22 penerima dan Desa Lubuk 19 penerima.

“Program seperti ini rutin kami lakukan setiap tahunnya, yang alokasi dana bantuannya memang bersumber dari dana surflus simpan pinjam yang kami kelola, sehingga kami kembalikan kepada masyarakat dalam bentuk penyerahan bantuan, khususnya bagi warga tak mampu,” tambah Alimun lagi.

Sementara, Camat Kundur, Eri Noval Jadinata yang turut hadir dalam penyerahan bantuan tersebut mengatakan, sangat mendukung program dari UPK PNPM Mandiri Pedesaan Kecamatan Kundur. Yang dinilai sangat membantu dalam meringankan benan masyarakat tak mampu.

“Tentunya bantuan yang diberikan ini sangat bermanfaat dan mampu meringankan beban bagi para penerima. Seberapapun yang diberikan patut disyukuri. Mudah-mudahan program ini terus berjalan secara rutin,” harap Eri.(muhammadsarih)