Karimun, Lendoot.com – Lanal TBK memberikan bantuan berupa material bangunan ke Yayasan Pondok Pesantren Mutiara Bangsa, Jalan Pangkalan Jernih RT 01 RW 02 Desa Parit, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Rabu (20/3/2019) pagi.

Bantuan tersebut diserahkan langsung Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro dan Dandim 0317/TBK, Letkol Arm Rizal Analdie kepada Ketua Yayasan Pondok Pesantren Mutiara Bangsa, Riyadul Afkar. Bantuan diserahkan secara simbolis dan dilanjutkan dengan Ramah tamah dan Komunikasi Sosial (Komsos).

Bantuan tersebut dalam rangka kegiatan Karya Bakti TNI TA 2019 dengan mengusung tema Kita wujudkan semangat kebersamaan gotong royong dan rasa kekeluargaan serta memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat.

Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro mengatakan, Karya Bhakti ini merupakan tugas pokok TNI yang tertuang dalam Undang-undang  RI No. 34 tahun 2004 melalui Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Ini adalah bagian dari staf Teritorial TNI yang dilaksanakan secara serentak oleh jajaran Koarmada I khusus dibawah Lantamal IV Tanjungpinang. Melalui OMSP, memberdayakan wilayah pertahanan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai sistem pertahanan semesta,” katanya.

Danlanal menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun solidaritas dan sinergitas prajurit TNI dengan aparat Pemerintah serta komponen masyatakat lainnya guna mempererat kemanunggalan TNI dan Rakyat yang selama ini terbina dengan baik.

“Kegiatan ini merupakan wujud Dharma Bhakti TNI Angkatan Laut dalam membantu menangani permasalahan sosial dan kemanusiaan agar manfaat dari kegiatan karya bakti ini dapat dinikmati secara langsung oleh masyarakat,” jelasnya.

Oleh karena itu, Danlanal berharap dengan bantuan tersebut dapat mewujudkan semangat kebersamaan, gotong royong dan rasa kekeluargaan serta partisipasi aktif masyarakat dalam membangun sehingga tercipta jiwa persatuan dan kesatuan yang kokoh, kuat serta terwujudnya kemanunggalan TNI-Rakyat.

“Kita harapkan mudah-mudahan apa yang disumbangkan dapat membantu proses belajar di Pondok Pesantren Mutiara Bangsa ini. Kemudian menjadikan generasi muda yang bermoral dimasa yang akan datang,” ujarnya.

Dikesempatan ini Danlanal menambahkan, mengingat Kepulauan Riau yang berada pada wilayah perbatasan, sehingga menjadikan siswa siswi mempunyai wawasan kebangsaan yang lebih.

“Mengingat pada masa ini perkembangan jaman yang begitu pesat dan ancaman moral bangsa serta kesadaran akan rasa cinta tanah air, pada khususnya di kalangan pelajar sebagai generasi penerus bangsa,” tambahnya.

Atas bantuan tersebut, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Mutiara bangsa, Riadul Afkar sangat berterima kasih atas bantuan material bangunan yang telah diberikan oleh Lanal TBK dalam pembangunan ruang yang telah mengalami musibah kebakaran beberapa hari lalu.

“Kami sangat mengucapkan terima kasih kepada TNI karena telah berkenan melakulan kunjungan ke Pondok Pesantren Kami. Saat ini terdapat 30 santri dan 11 orang ustad yang mengajar di Pondok Pesantren ini. Kita ketahui, beberapa bulan lalu terjadi insiden kebakaran asrama puteri,” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro, Dandim 0317/TBK Letkol Arm Rizal Analdie, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Mutiara bangsa Riadul Afkar, Kepala Desa Parit Basri beserta prajurit Lanal TBK dan Kodim 0317/TBK. (riandi)