Karimun, Lendoot.com – Ada yang menarik didalamnya sepanjang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XI Kabupaten Karimun yang digelar di panggung pilar sembilan Coastal Area, akhir pekan lalu.

Awal kegiatan mulai dari pawai ta’aruf yang diikuti para khafilah dan instansi pemerintahan, hingga stand-stand bazar yang memamerkan berbagai produk UKM asli Karimun, terdapat hal yang menarik perhatian para pengunjung dideretan stand bazar.

Satu hal yang menarik itu di antaranya pameran pohon bonsai yang dipamerkan oleh Santalia Bonsai Club (SBC) Karimun sepanjang pergelaran MTQ.

Sebanyak 50 pohon bonsai yang dipamerkan itu merupakan koleksi dari anggota-anggota SBC sendiri dengan beragam jenis, mulai dari pohon santalia atau anting putri, wahong, kingkit, ulmus dan hokian.

Ketua SBC Karimun, Zazeli mengatakan, pameran tersebut bertujuan selain untuk ikut mensukseskan pelaksanaan MTQ juga mengajak masyarakat untuk mengenal dan belajar membuat pohon hias itu.

“Tujuannya untuk mendongkrak dan merangsang pebonsai baru di Karimun. Kami mengajak masyarakat mencintai bonsai. Kami terbuka jika ada yang bertanya. Kalau terjual itu cuma bonusnya saja,” katanya, Senin (1/4/2019).

Pria yang akrab disapa Wily itu menambahkan, pencinta bonsai di Karimun cukup banyak. Namun mereka lebih banyak berkarya sendiri sehingga hasilnya kurang maksimal. Dalam waktu dekat ini pihaknya juga akan mengadakan kegiatan Karimun Bonsai Face yang akan diikuti oleh komunitas lain dari luar Kabupaten Karimun.

“Yang hobi bonsai banyak. Tapi biasanya sendiri-sendiri. Sangat disayangkan punya pohon bagus tapi hasilnya tidak maksimal. Dalam waktu dekat kita juga akan ikuti kontes di Kepri Mall Batam,” tambahnya. (riandi)