Suasana proses pelipatan surat suara di gudang logistik KPU Kabupaten Karimun.
Suasana proses pelipatan surat suara di gudang logistik KPU Kabupaten Karimun, beberapa hari lalu.

Karimun, Lendoot,com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun akan mendistribusikan logistik pemilu seminggu sebelum hari pencoblosan. Dalam melakukan pendistribusian akan dilakukan secara bertahap dan diprioritaskan terlebih dahulu bagi daerah-daerah pulau.

Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko mengatakan, pendistribusian dalam pendistribusian logistik, akan diawasi ketat seluruh pihak termasuk KPU, Bawaslu dan Polisi.

“Setelah dilayah pulau-pulau selesai di distribusikan, barulah di Pulau Karimun kita distribusikan menyusul. Semua logistik akan disimpan di sekretariat Panitia Pemilih Kecamatan (PPK), yang juga mendapat penjagaan ketat dari aparat kepolisian,” ujar Eko, Selasa (2/4/2019).

Hingga saat ini, KPU Kabupaten Karimun masih menanti sejumlah surat suara yang rusak pasca dilakukan penyortiran dan pelipatan. Menurut Eko, ada 1.765 surat suara yang rusak dan harus segera diganti, diantaranya surat suara untuk DPRD Provinsi Kepri 347 lembar, DPRD Kabupaten Karimun 192 lembar, DPD RI 40 lembar dam dan sura suara Capres 105 lembar.

KPU kata Eko lagi, masih menunggu pengadaan untuk mengganti surat suara yang rusak tersebut dari KPU RI melalui KPU Provinsi Kepri. Yang dipastikan akan tiba di Karimun sebelum waktu pelaksanaan pendistribusian logistik Pemilu ke seluruh PPK.

“Secara umum proses dan tahapan penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Karimun berjalan aman dan kondusif. Mudah-mudahan tetap lancar tanpa ada gangguan atau halangan apapun sampai pada penetapan atau rapat pleno,” harap Eko. (trirahardi)