Sekdakab Karimun, Muhd Firmansyah (kiri). (ist)

Karimun, Lendoot.com – Pemerintah Kabupaten Karimun kembali mengusulkan  formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) Republik Indonesia. Jumlah yang diusulkan mencapai 2.000 formasi.

Ini telah disampaikan Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karimun ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemenpan), Jumat (4/9/2020) kemarin. Usulan tersebut merupakan formasi untuk penerimaan tahun 2021.

Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun Muhd Firmansyah mengatakan, tahun 2020 ini telah dipastikan tidak akan ada penerimaan CPNS untuk dilingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun.

“Usulan ini untuk penerimaan CPNS tahun 2021. Sementara untuk 2020 ini telah dipastikan tidak ada penerimaan lagi,” kata Firman, Jumat (11/9/2020).

Ia mengatakan, tidak dilaksanakannya penerimaan CPNS pada tahun 2020 ini dipicu waktu yang sangat singkat dan tidak adanya anggaran untuk penerimaan CPNS tersebut.

“Kapan mau dilaksanakan lagi, saat ini saja masih berjalan penerimaan CPNS 2019. Selain itu, anggaran juga mungkin tidak ada, pernyataan dari Menpan itu 2020 ini seluruh daerah tidak ada penerimaan,” katanya.

Untuk formasi CPNs tahun 2021 yang telah diajukan, Sekda menyebutkan pihaknya memprioritaskan Guru dan Tenaga Kesehatan. Hal itu, dipicu masih banyaknya kebutuhan Guru dan Tenaga Kesehatan untuk wilayah Kabupaten Karimun.

“Formasi guru dan tenaga kesehatan yang mendominasi usulan kita tersebut. Untuk kebutuhan pegawai kita ada sekitar 5.000, sehingga masih banyak yang belum terpenuhi,” katanya.

Ia berharap usulan formasi CPNS ini, Kabupaten Karimun bisa mendapatkan kuota lebih besar dibandingkan tahun- tahun sebelumnya. Hal itu mengingat, Karimun sempat tidak ada Penerimaan CPNS sejak tahun 2010 lalu.

“Ini bersifat usulan, berapa yang disetujui itu tergantung dari pusat, kita berharapnya bisa lebih,” katanya.

Seperti diketahui, meski sempat beberapa tahun tidak dibukanya formasi CPNS di Karimun, untuk pertama kalinya pada 2018 Karimun mendapatkan 277 formasi CPNS dan tahun 2019 Karimun kembali mebdapatkan 122 Formasi. (rk)