Karimun, Lendoot.com – Pengelolaan Pelabuhan Tanjungbatu, Kecamatan Kundur secara resmi diambil alih oleh Pemerintah Kabupaten Karimun.

Selama ini, pelabuhan tersebut masih kewenangan Pemerintah Provinsi Kepri dan dengan pengalihan pengelollaan ini diharapkan dapat menunjang perekonomian masyarakat Karimun, khususnya Kecamatan Kundur kedepannya.

Peralihan pengelolaan pelabuhan Tanjungbatu itu ditandai dengan penandatangan naskah perjanjian hibah daerah dan berita acara serah terima fasilitas pelabuhan Tanjungbatu Kundur oleh Plh Gubernur Kepri Ts Arif Fadillah kepada Sekda Karimun Muhammad Firmansyah, Rabu (10/2/2021) kemarin.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Karimun, Afriyan, mengatakan dengan adanya serah terima itu, pelabuhan Tanjung Batu Kundur akan dikelola oleh Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Karimun atau PT Karya Karimun Mandiri (KKM).

Dengan peralihan itu, menurutnya pelabuhan itu akan beralih status menjadi pelabuhan pengumpyl atau pelabuhan jangkauan angkutan lautnya melayani penyeberangan antar provinsi.

“Status pelabuhan pengumpul saat ini sudah diusulkan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub), status itu hampir sama dengan pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun,” ujar Afriyan, Kamis (18/2/2021).

Afriyan mengatakan, pelabuhan Tanjung Batu nantinya masuk dalam wilayah kerja Kantor Kesyahbandaran dan Orotitas Pelabuhan (KSOP) kelas I Tanjungbalai Karimun.

Tidak hanya itu, segala bentuk peningkatan dan perawatan sarana dan prasarana di pelabuhan Tanjung Batu Kundur itu nantinya akan dikelola oleh BUP Karimun.

“Jadi, fasilitasnya akan disiapkan lebih baik lagi termasuk perawatannya oleh BUP Karimun,” katanya.

Ia mengatakan, dengan peralihan itu juga nantinya Kabupaten Karimun akan mendapatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor pelabuhan.

“Pelabuhan Tanjung Batu Kundur memiliki potensi besar karena frekuensi keluar masuk penumpang yang tinggi sebagai pintu masuk yang menghubungkan Riau Daratan dan Provinsi Kepri,” katanya.

Ia berharap, setelah pelabuhan ini dikelola oleh BUP Karimun akan semakin baik dan maju dengan ramainya penumpang tentu meningkatkan ekonomi di wilayah tersebut seperti, dari sektor perhotelan lalu jasa angkutan darat dan sektor lainnya.

Diketahui, sebelum masuk wilayah kerja KSOP kelas I Tanjungbalai Karimun, penyelenggaraan pelabuhan Tanjung Batu Kundur dilakukan oleh Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kementerian Perhubungan. (rko)