Karimun, Lendoot.com – Sidang lanjutan gugatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Karimun akan digelar 2 Maret mendatang.

Hal tersebut setelah Kabupaten Karimun menjadi satu- satunya daerah di Kepri yang perkara gugatan Pilkadanya dilanjutkan oleh Mahkamah Konstitusi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun Eko Purwandoko mengatakan, terkait perkara gugatan Pilkada Karimun yang diajukan kubu Iskandarsyah-Anwar Abubakar dipastikan akan lanjut ke sidang pembuktian.

“Kita telah menerima surat dari MK, sidang lanjutan akan digelar pada 2 Maret mendatang,” kata Eko, Jumat (19/2/2021).

Eko mengatakan, perkara gugatan Pilkada Karimun, menurutnya tidak dibacakan dalam putusan sela atau pembatalan gugatan. Sehingga, Pilkada Kabupaten Karimun dipastikan berlanjut.

“Sidang dilanjutkan dengan agenda pembuktian. Untuk Karimun tidak dibacakan putusan sela oleh MK kemarin,” ujar Eko.

Ia menyebutkan, digelarnya sidang gugatan Pilkada Karimun pada Maret mendatang, hal itu disebabkan banyaknya agenda sidang di MK.

“Kenapa kita dapat tanggal 2, itu karena banyak daerah lainnya yang dilanjutkan sidangnya, mulai tanggal 18 itu sudah mulai dan kita dapat jadwal tanggal 2 Maret,” ujarnya.

Meskipun demikian, KPU Kabupaten Karimun sebagai pihak termohon, mengaku selalu siap untuk mengikuti persidangan selanjutnya.

“Kita siap kok, dan kemarin-kemarin sudah kita hadapi persidangan,” katanya.

Seperti diketahui, Kabupaten Karimun termasuk salah satu dari 32 daftar daerah yang perkara Pilkadanya dilanjutkan ke sidang pembuktian.

Sementara, untuk daerah di Kepri yang sebelumnya juga mengajukan sengketa Pilkada antara lain Pilgub Kepri, Pilwako Batam dan Pilkada Lingga dinyatakan gugatannya ditolak. (rko)