Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi. Foto : Dok Lendoot.com.

Karimun, lendoot.com – Kabupaten Karimun kembali nol kasus aktif Covid-19.

Hal itu setelah pasien positif terakhir telah dinyatakan sembuh berdasarkan hasil pemeriksaan swab oleh Balai Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kota Batam, Selasa (22/9/2020) kemarin.

Meskipun jumlah kasus telah nol kembali, saat ini status Zona Covid-19 wilayah Karimun masih kategori Zona Kuning.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Karimun Rachmadi mengatakan, ditetapkannya Kabupaten Karimun sebagai Zona Kuning Covid-19 langsung diberikan oleh Pemerintah Pusat bukan daerah.

“Walaupun sudah nihil kasus tapi kita masih zona kuning. Zona itu Pemerintah Pusat yang berikan,” kata Rachmadi, Jumat (25/9/2020).

Ia mengatakan, nantinya status zona akan diperbarui setelah dua minggu pasca nihil kasus Covid-19. Apabila dalam dua minggu kedepan tidak adanya angka kasus, maka diperkirakan akan naik ke Zona Hijau.
“Biasanya itu kami terima di awal bulan lalu tengah bulan, baru awal bulan lagi. Jaraknya dua minggu,” katanya.

Saat ini diketahui tidak ada lagi pasien terpapar Covid-19 di Kabupaten Karimun. Dari 39 kasus positif, sebanyak 38 sudah dinyatakan sembuh dan 1 lainnya meninggal dunia.

Tim Gugus saat ini hanya masih menunggu hasil pemeriksaan 3 sampel swab baru.

Dari ketiga orang yang diambil sampel swab tersebut, dua diantaranya diisolasi di Puskesmas Meral barat karena reaktif rapid tes dan memiliki riwayat perjalanan. Kemudian 1 orang lagi suspek sedang dirawat Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) Kabupaten Karimun.

“Ada 3 swab baru yang kita kirim,” ujar Rachmadi. (rk)