Karimun, Lendoot.com – Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang digelar Pemkab Karimun, Rabu (23/9/2020) kemarin, berjalan dengan aman dan lancar.

Sebanyak 301 Peserta CPNS telah mengikuti tahapan akhir seleksi dari penerimaan Abdi Negara tersebut. Diluar itu, dua orang telah dinyatakan gugur dan tidak lulus dalam seleksi SKB.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karimun Sudarmadi mengatakan, SKB CPNS Karimun digelar disejumlah daerah di Indonesia.

Untuk pelaksanaan di Karimun, Sudarmadi mengatakan ada sebanyak 204 orang pelamar yang mengikuti SKB, dan dua diantaranya tidak hadir dengan alasan meninggal dunia dan satu lagi karena ada urusan darurat.

“Hari ini, untuk di Karimun ada 202 orang saja yang mengikuti, dua diantaranya tidak hadir. Selebihnya, mereka ujian di lokasi lain sesuai dengan kebijakan baru dari BKN RI,” kata Sudarmadi, Rabu (23/9/2020).

Ia menjelaskan, berdasarkan kebijakan baru, Pelamar CPNS di luar daerah dapat memilih lokasi ujian sesuai daerah tempat asal. Hal itu merupakan langkah pencegahan penyebaran COVID-19.

“Yang 99 lainnya ada di Batam, Pekanbaru sama UPT di daerah lain,” jelas Sudarmadi.

Sudarmadi menyampaikan, SKB di Karimun berlangsung dengan lancar dengan penerapan protokol kesehatan. Terkait, kebijakan terhadap pelamar yang memiliki suhu diatas 37,3 derajat akan menjalani ujian di ruangan khusus, untuk di Karimun tidak ada.

“Kita panitia menyiapkan ruangan khusus bagi pelamar yang memiliki suhu tubuh di atas 37,3 derajat celcius, namun tidak ada peserta SKB yang mengikuti tes di ruangan tersebut. Alhamdulillah semuanya lancar dan aman,” kata Sudarmadi.

Selanjutnya hasil SKB akan dimumkan pada tanggal 30 Oktober 2020. Kemudian dilanjutkan pengusulan penetapan NIP CPNS pada tanggal 1 hingga 20 November 2020.

“Nanti kita¬†integrasi data dulu ke BKN. Kalau untuk jadwal penganagkatan sebagai CPNS belum tau,” ujar Sudarmadi.

Jumlah formasi CPNS tahun 2019 di lingkungan Kabupaten Karimun sebanyak 122 formasi. Namun karena ada 4 formasi yang tidak terisi maka CPNS yang bakal diterima hanya sebanyak 118 orang.

“Ada 3 formasi spesialis yang tidak ada, sama formasi terkait koperasi kalau tidak salah,” katanya. (rk)