Karimun, Lendoot.com – Peninggalan Nurdin Basirun yang dulunya pernah menjabat Bupati Karimun masih sangat membekas di hati masyarakatnya. Khususnya masyarakat kecil yang pernah mendapat uluran tangannya.

Nurdin Basirun, atau kerap disapa Bang Den, atau dikenal juga dengan sebutan Kapten Den yang membekas di antaranya, Pak No, seorang penjual pakan merpati di bilangan Coastal Area. Ide membuat sarang burung merpati atau burung dara adalah ide Bang Den.

Setelah dibuatkan kandang oleh sejumlah pemuda setempat, Bang Den kemudian membelikan puluhan merpati. Akhirnya, merpati beranak pinak, sampai kini jumlahnya sudah mencapai ratusan.

Bagi sebagian pengunjung menikmati sore dengan bermain-main dengan merpati, sangat menggembirakan. Orangtua memabwa anak-anaknya dan membiarkannya bermain dengan merpati tampak membuat bahagia.

“Biar anak kita bisa lebih dekat dengan alam, dengan hewan. Beberapa kali kami datang ke sini,” ujar Ros seorang pengunjung kepada Lendoot.com.

Nah, bagi pengunjung yang ingin lebih dekat dengan merpati, mereka perlu memberikan pakan. Ketika pakan ditabur, merpati jinak-jinak mendekati pengunjung.

Ide memelihara merpati di alam liar ini membuat kerabat Bang Den, termasuk anaknya perlu meneruskanya. Pakan untuk merpati harus terus diberikan. Akhirnya, menunjuk seorang warga kecil, yang mengaku nama Pak No, keluarga Bang Den memberikan pakan merpati berupa jagung.

“Jadi awalnya saya diminta memberi makan merpati dengan jagung ini. Akhirnya supaya besoknya bisa buat beli jagung lagi, pengunjung membelinya dari kami. Seterusnya, sampai akhirnya setiap tidak hujan, kami jualan jagung ini. Alhamdulillah membantu tambahan penghasilan kami,” ujar Pak No yang didampingi isterinya berjualan pakan jagung merpati.

Peninggalan Bang Den berupa kandang merpati untuk umum, sudah membantu ekonomi satu keluarga. Bang Den, tidak dapat dilupakan jasamu, khususnya bagi masyarakat kecil seperti Pak No. (msarih)

INI VIDEONYA…!