Karimun, Lendoot.com – TNI-Polri bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun dan instansi terkait melakukan pembentangan bendera merah putih sepanjang 50 meter di Pulau Takong Iyu, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (14/8/2019).

Pembentangan bendera merah putih ini bisa dikatakan berukuran cukup unik, yakni dengan panjang 50 meter dan lebar 190 centimeter dan dipasang melingkari pulau terluar NKRI.  Kegiatan ni merupakan rangkaian menyambut HUT ke-74 RI tahun 2019.

Sebelum membentangkan sang saka di Pos Angkatan Laut (Posal) tersebut, Aparat TNI-Polri bersama Pemda Karimun dan instansi terkait melakukan deklarasi sesuai Hari Kemerdekaan RI.

Danlanal TBK, Letkol laut (P) Catur Yogiantoro menjelaskan, Kabupaten Karimun memiliki pulau terluar dan terdepan yaitu Takong Iyu, oleh karena itu menjadi referensi penentuan batas NKRI dengan Malaysia dan Singapura.

“Kita bersama-sama selalu siap untuk selalu mengamankan menjaga pulau terdepan dan terluar dalam menjaga kedaulatan Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” jelasnya.

Dandim 0317/TBK Letkol Arm Rizal Analdie mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan jangan dijadikan sebagai seremonial, namun dijadikan sebagai sarana atau wahana dalam rangka menunjukkan eksistensi NKRI di mata Dunia.

“Kita harus senantiasa menggelorakan semangat semangat Patriotisme, Bela negara. Sehingga kedepannya kita bisa memberikan warisan yang baik bagi generasi mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya menambahkan, dengan semangat membara merapatkan barisan menjaga NKRI dari pintu pulau yang terdepan khususnya di Kabupaten Karimun ini juga mengantisipasi tindak kejahatan yang terjadi di laut.

“Kita sama-sama rapatkan barisan menjaga NKRI di pulau terluar dan terdalam Indonesia yaitu di pulau Takong Iyu Kabupaten Karimun. Disana kita juga mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan seperti penyelundupan narkoba dan lain sebagainya,” tambahnya. (riandi)