Karimun, Lendoot.com – Mako Lanal TBK melakukan uji terampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) P1 dan P2, Selasa (27/8/2019) kemarin.

Uji trampil Glagaspur ini digelar selama dua hari yang diikuti oleh Pasops Lanal TBK Kpt. Laut (P) Amrizal Husin, S.ST Han, Perwira Staf, Bintara dan Tamtama serta anggota Lanal TBK.

Kegiatan Glagaspur dipimpin oleh Komando latihan Koarmada I (Kolat Koarmada I) Katim Kol. Laut (P) Taman Sembiring Lanal TBK dan Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro, S.E., M.Tr Hanla.

Adapun kegiatan yang dilakukan adalah, menembak senjata laras penjang dan pendek yang dilakukan di lapangan tembak Kompi Raider khusus/136 Tuah Sakti di Kelurahan Pasir panjang, Kecamatan Meral Barat.

Renang Militer di Kolam renang Viarama Kelurahan Lubuk Semut, Kecamatan Karimun, Pertahanan Pangkalan (Hanlan), Peran kebakaran, dan peran evakuasi Medis korban kebakaran yang dilakukan di Mako Lanal TBK.

Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro menjelaskan, latihan ini bertujuan guna meningkatkan profesionalisme serta kemampuan prajurit dalam mencapai tugas pokok pangkalan dan menguji kesiapsiagaan Lanal TBK dalam tugas yang emban.

“Tingkat kesiapsiagaan dan profesi, tentunya akan dapat menentukan tindakan korektif yang diperlukan untuk mempertahankan serta meningkatkan tingkap kesiapan satuan khususnya pangkalan,” jelasnya, Kamis (29/8/2019). (riandi)