Karimun, Lendoot.com – Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro berangkatkan sebanyak 24 anggota pramuka saka bahari Kabupaten Karimun, Selasa (27/8/2019) kemarin.

Dari 24 tersebut terdiri dari dua Bindampinh, dua pinkonda dan 20 peserta pramuka saka bahari untuk mengikuti rangkaian acara Pelantara IX Sail Nias.

Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur yogiantoro berhara kepada seluruh peserta agar kontingen Saka Bahari agar selalu menjaga kekompakan, meningkatkan ibadahnya serta dapat menyerap ilmu dan pengalaman sebanyak mungkin agar kelak dapat berguna bagi kehidupan dimasa depan.

“Untuk para kontingen semoga menjaga kekompakan serta terus menjalankan ibadah mereka serta dapat menyerap ilmu sebanyak-banyaknya untuk kemudian hari mereka kelak,” katanya, Kamis (29/8/2019).

Danlanal menjelaskan, kegiatan pelantara ini merupakan agenda tahunan dari Mabes TNI A-L yang mengundang pemuda pemudi untuk tergabung dalam gerakan pramuka untuk berinteraksi dan bersosialisasi kepada anak pramuka lainnya dari seluruh indonesia.

“Dilaksanakan pelantara ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada adik-adik Pramuka tentang kehidupan sebagai bangsa bahari yang merupakan kodrat dari bangsa indonesia sebagai negara kepulauan agar mereka lebih mengenal adat istiadat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dan mencintai tanah air bangsa Indonesia,” jelasnya.

Danlanal juga mengatakan, kegiatan pelantara ini juga merupakan kegiatan dalam rangka mewujudkan pilar pertama dari program poros maritim dunia yaitu membentuk menjadikan pemuda pemudi indonesia yang memiliki budaya maritim.

“Sail pelantara tahun ini dilaksanakan diatas kapal perang KRI jenis LPD selama 20 hari kedepan, terhitung mulai tanggal 2 hingga 22 September mendatang dengan rute Jakarta-Sibolga-Nias-Lampung-Banten-Jakarta,” tambahnya. (riandi)