Karimun, Lendoot.com – Setelah sebelumnya sertifikat tanah dibagikan ke para penerimanya di Pulau Kundur, kini melalui Pemkab Karimun penyerahan sertifikat tanah hasil Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada 2.236 masyarakat, juga dilakukan.

Penyerahan tersebut diberikan secara simbolis oleh Gubernur Kepri Nurdin Basirun di halaman rumah dinas Bupati Karimun, Jumat (12/4/2019) pagi.

Adapun penyerahan tersebut diberikan kepada empat Kecamatan yaitu, Kecamatan Karimun sebanyak 520 penerima, Kecamatan Tebing 130 penerima, Kecamatan Meral 887 penerima dan Kecamatan Meral Barat 716 penerima.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan (BPN) Provinsi Kepri Asnawati menjelaskan, pada tahun 2018 mendapat target bidang tanah sebanyak 15 ribu, dengan realisasi 87.8 persen.

“Kegiatan ini bertujuan melaksanakan pemetaan bidang-bidang tanah secara sistematis. Total untuk seluruhnya di Kabupaten Karimun terdapat 8.380 yang akan dibagikan kepada masyarakat. Namun pagi ini yang diserahkan sebanyak 2.236 penerima terdiri dari empat Kecamatan,” jelasnya.

Asnawati mengatakan, pada tahun 2019 PTSL memiliki target realisasi sebesar 25.000 bidang tanah, dimana pencapaian yang sudah dilaksanakan saat ini mencapai 23,6 persen.

“Jika dibanding tahun 2018 sebesar 15.000 dan target perealisasiannya sebesar 87,8 persen,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan, PTSL ini merupakan program dari pemerintah pusat. Untuk Provinsi Kepri sebanyak 750.000.

“Program ini setiap tahun akan terus bertambah, dari BPN Provinsi akan terus mengejar target dimana dengan target 15 juta sertifikat yang akan dibagikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Dikesempatan itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq menambahkan, dengan adanya program yang dilaksanakan oleh presiden RI Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, warga dapat memperoleh hak nya dengan mudah yaitu sertifikat atas kepemilikan tanah.

“Saya mewakili seluruh lapisan masyarakat mengucapkan terima kasih atas program ini. Sertifikat ini dibagikan secara gratis dan tidak dipungut biaya sepeser pun. Masyarakat sangat merasakan program PTSL ini, dengan program ini masyarakat dapat memperoleh hak nya dengan mudah yaitu sertifikat atas kepemilikan tanah,” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Wakil Gubernur Kepri Isdianto, Bupati Karimun Aunur Rafiq, Anggota DPR RI Dapil Kepri Dwi Ria Latifa, Kepala BPN Provinsi Kepri Asnawati, Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya, Dandim 0317/TBK Letkol Arm Rizal Analdie, Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro, Kepala BPN Kabupaten Karimun Jemmy Dolly Winerungan. (Riandi)