Karimun, Lendoot.com – Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Balai Karimun, membuka gerai pengukuran dan percepatan penerbitan pas kecil kapal ukuran di bawah GT 7.

Pengukuran perdana dari program Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub RI tersebut dilakukan di Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun, Rabu (13/3/2019).

Saat ini baru 150 kapal di bawah GT 7 nelayan Pulau Buru  yang telah diverifikasi administrasi dilakukan pengukuran secara fisik kemudian diterbitkan pas kecilnya.

“Selain sosialisasi kita juga melakukan pembatuan kepada para nelayan, pemilik kapal tradisional dalam proses sertifikasi dan status hukum kapal. Ini semua dalam rangka meningkatkan aspek keselamatan pelayaran,” kata Kepala KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun, Junaidi.

Adapun tujuan dari pengukuran ini adalah untuk memperjelas status kapal dan juga kepemilikannya.

“Selain itu, apabila terjadinya sesuatu hal kepada mereka, mudah untuk mengetahuinya,” katanya.

Program pengukuran dan percepatan penerbitan pas kecil kapal ukuran di bawah GT 7 akan dilanjutkan di seluruh wilayah kerja KSOP Kelas 1 Tanjungbalai Karimun.

Untuk itu Junaidi mengimbau kepada seluruh nelayan di Kabupaten Karimun, mendaftarkan kapal-kapalnya.

“Selain program itu, kedepan di akhir bulan ini juga akan mengadakan diklat pemberdayaan masyarakat untuk nelayan,” katanya. (parulian turnip)