Secara simbolis Wakil Bupati Aunur Rafiq memukul gong tanda dibuka Musrenbang 2019 di Nilan Sari, pagi tadi.
Secara simbolis Wakil Bupati Aunur Rafiq memukul gong tanda dibuka Musrenbang 2019 di Nilan Sari, pagi tadi.

Karimun, Lendoot.com – Pemkab Karimun menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan rencana kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun tahun 2019.

Kegiatan itu dilaksanakan di Gedung Serbaguna Nilam Sari Pemkab Karimun, Jalan Jenderal Sudirman, Poros Kecamatan Meral selama tiga hari sejak Rabu 13 hingga 15 Maret 2019.

Dalam pemaparannya, Bupati Karimun Aunur Rafiq menyampaikan empat poin yang menjadi fokus Pemkab Karimun. Yaitu; Pemerataan infrastruktur dan kelestarian lingkungan hidup, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan tata kelola birokrasi yang baik, Pengembangan investasi dan ekonomi kerakyatan dan Peningkatan nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan serta Pengembangan pariwisata.

Rafiq mengatakan, dalam penyusunan perencanaan pembangunan untuk tahun 2020 terdapat perubahan yang cukup signifikan jika dibandingkan tata cara penyusunan rencana pembangunan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun ini kita telah melaksanakan penyusunan perencanaan pembangunan berbasis elektronik dengan sebutan e-planning. Ini merupakan keniscayaan yang harus kita lakukan untuk mengikuti proses perkembangan zaman dan teknologi yang telah kita sepakati dengan KPK,” ujarnya.

Rafiq menambahkan, perencanaan pembangunan berbasis elektronik ini diharapkan akan lebih tertib karena akan mengikuti sistem standar prosedur dan ketepatan waktu yang telah terprogram sesuai dengan kaidah-kaidah dan ketentuan aturan yang berlaku.

“Sistem perencanaan berbasis elektronik ini juga bersifat transparan dan terbuka karena dapat diakses oleh semua pihak yang terlibat oleh institusi yang memiliki kewenangan dalam hal pengawasan sehingga diharapkan perencanaan yang kita lakukan menjadi lebih tertib dan jauh dari penyimpangan-penyimpangan yang tidak semestinya,” tambahnya. (riandi/muhamadsarih)