Ketua KPU Karimun saat mensosialisasikan warna kertas surat suara pemilu 2019 di Pelambung desa Pongkar kemarin.
Ketua KPU Karimun saat mensosialisasikan warna kertas surat suara pemilu 2019 di Pelambung desa Pongkar beberapa waktu lalu. (dok lendoot)

Karimun, Lendoot.com – KPU Kabupaten Karimun mengajukan anggaran ke pemerintah daerah untuk pelaksanaan Pilkada Karimun 2020. Anggaran yang diusulkan sebesar Rp20 Miliar ke DPRD Karimun.

Ketua KPU Karimun, Eko Purwandoko mengatakan anggaran yang diusulkan tersebut berdasarkan batas tertinggi kebutuhan anggaran yang diajukan.

“Artinya, kita ajukan anggaran itu yang tertinggi, sebab kalau terendah lalu ternyata kebutuhannya di batas tertinggi, maka kita bisa repot nanti,” ujarnya sebelum menghadiri rapat paripurna di DPRD Karimun, Selasa (2/7/2019).

Eko mencontohkan, anggara yang diusulkan KPU untuk pencalonan sebanyak 5 pasang calon, tidak dua atau tiga pasang calon. “Kalau kita ajukan anggarannya untuk dua calon, ternyata nanti ada lima calon, maka kekurangan anggarannya darimana, ya kan?” jelasnya.

Meski telah mengajukan anggaran sebesar Rp20 Miliar, namun KPU Karimun mengetehaui angka pasti yang akan disetujui badan anggaran DPRD Karimun. “Tapi itu belum tentu semua disetujui. Kita hanya mengusulkan,” katanya.

Selain membebankan anggaran di Pemkab Karimun, kata Eko, KPU Provinsi Kepri juga akan menopang kebutuhan anggaran untuk Pilkada 2020 tersebut. Pasalnya, selain Pilkada Karimun, Pilkada Kepri juga dilaksanakan serentak atau pada saat yang sama juga.

“Biasanya sharing lah. Misalnya, untuk angkutan kapal logistik, tidak semua dianggarkan dari kita, KPU Provinsi juga memberikan andil biaya anggarannya,” ujarnya. (muhdsarih)