Karimun, Lendoot.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun menggelar sosialisasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2020 di Hotel Alishan Karimun, Selasa (3/12/2019).

Sosialisasi itu menandai dimulainya rangkaian Pilkada 2020 untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, serta Bupati dan Wakil Bupati Karimun.

Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan sejumlah tahapan Pilkada 2020 mendatang.

“Hari ini pertama kali kita lakukan dengan melibatkan sejumlah unsur dari tokoh masyarakat, tokoh agama dan stak holder yang tidak terlibat didalam Partai Politik,” kata Eko usai sosialisasi di Hotel Alishan, Selasa (3/12/2019).

Didalam sosialisasi tersebut, Eko menyebutkan terdapat pembahasan tentang tahapan-tahapan Pilkada 2020, mulai dari proses pencalonan hingga pelaksanaannya nanti.

“Tadi kita menjelaskan terkait seluruh tahapan Pilkada dan mengenai pencalonan yang dikhususkan untuk pencalonan perorangan. Sedangkan untuk pencalonan dari partai itu baru dimulai pada pertengahan tahun 2020,” katanya.

Ia mengatakan, pada teknis pelaksanaan Pilkada, saat ini bagi calon perorangan sudah diperbolehkan melakukan pencarian dukungan dengan dibuktikan fotocopy KTP.

“Khusus perorangan itu sudah bisa mulai mencari dukungan dan syarat dukungan itu akan dikumpulkan pada Januari atau Febuari 2020,” katanya.

Pilkada 2020 akan diikuti 224 Kabupaten dan 37 Kota di 9 Provinsi wilayah Indonesia. Proses Pilkada telah berjalan sejak Oktober lalu dan saat ini telah memasuki tahapan sosialisasi. (ricky robiansyah)