Karimun, Lendoot.com – Acara Sosialisasi kepemimpinan Nasional yang Berwawasan Bebangsaan di gedung nasional, Selasa (5/11/2019), berlangsung meriah.

Mengusung tema optimalisasi pemantapan nilai-nilai kebangsaan dalam rangka penguatan karakter karakter kepemimpinan yang berdasarkan pancasila dan UUD 45, kegiatan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Karimun menghadirkan pemateri dari Lemhanas (Lembaga Pertahanan Nasional).

Herdan Firdaus, Kepala Badan Kesatuan Bangsadan Politik Kabupaten Karimun mengatakan, kegiatan ini melibatkan sejumlah kepala OPD (otlrganisasi perangkat daerah), ormas, OKP, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Seorang pemateri Suratno mengatakan, Karimun memang sudah jadi perhatian pemerintah pusat. “Sebab ini adalah etalase Indonesia.Jangan sampai etalasenya tak jelas. Rasa nasionalisme bisa memudar memudar, karena tetangga duitnya lebih banyak,” katanya.

Pemateri lainnya, Djoko Rudi mengungkapkan bahwa jika masyarakat perbatasan disuruh memilih, jangan-jangan pilih negara tetangga.

“Nah, ini harus jadi perhatian pemerintah daerah. Daerah harus kuat, dalam arti sumber daya manusianya paling utama. SDM yang unggul. Ini jadi tanggujawab kita semua. Bagaimana menciptakan SDM unggul itu,” katanya.

Kajian jangka pendek dan panjang, kata Djoko Rudi, perlu dilakukan. Kehidupan masyarakat kepulauan yang lebih baik diikuti peningkatan ekonomi lebih baik.(muhdsarih)