Karimun, Lendoot.com – Kapal Motor (KM) Kelud kembali akan membuka jalur pelayaran dari dan ke Kabupaten Karimun dalam waktu dekat.

Dalam jadwal terbaru yang dirilis oleh PT Pelni sebagai perusahaan yang menaungi KM Kelud, rencananya pelayaran perdana usai sempat berhenti akibat Covid-19 akan dilakukan pada Minggu (26/7/2020) mendatang dengan rute Tanjungbalai Karimun -Medan sekira pukul 14.00 Wib.

Sementara untuk rute Tanjungbalai Karimun- Batam- Tanjung Priok, Jakarta akan berlayar pada Rabu (29/7/2020) sekira pukul 09.00 Wib mendatang.

Kepala Cabang PT Pelni Tanjungbalai Karimun Yusuf mengatakan, untuk sementara layanan penjualan tiket KM Kelud hanya melayani pembelian di Kantor PT Pelni Cabang Karimun di Sei Ayam Kecamatan Tebing.

“Untuk layanan online belum dapat diakses hanya di kantor. Pembelian dapat dilakukan sekitar seminggu sebelum berangkat,” kata Yusuf.

Dalam melakukan pelayaran menggunakan Km Kelud, dikatakan Yusuf terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon penumpang.

Persyaratan itu antara lain dengan melampirkan hasil pemeriksaan rapid test non reaktif Covid-19, Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) serta mendownload dan mengisi data pada aplikasi E-hac maksimal satu keluarga 10 orang.

“Termasuk wajib menggunakan masker. Untuk rapid test sendiri, calon penumpang dapat melakukan pemeriksaan di rumah sakit ataupun klinik setempat. Kita tidak menyediakan,” katanya.

Selain itu, calon penumpang juga harus membuat dan menandatangani surat pernyataan bersedia tidak diberangkatkan apabila suhu tubuh mencapai angka 38 derajat.

“Surat pernyataan tersebut bertujuan agar tidak terjadi polemik di saat pelayaran KM Kelud. Biar kita sama- sama enak, karena kita tetap berkoordinasi dengan tim gugus,” katanya.

(rk)