Pelaksanaan Tahapan SKd beberapa waktu lalu. Foto rk/lendoot.com

Karimun, Lendoot.com – Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun dijadwalkan berlangsung pada September -Oktober mendatang..

Kepastian itu setelah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) Reformasi Birokrasi (RB) mengeluarkan Surat Edaran Nomor B/611/M. SM.01.00/2020 tentang rencana pelaksanaan SKB Seleksi CPNS formasi tahun 2019 ditengah Pandemi Covid-19.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karimun Sudarmadi mengatakan, berdasarkan surat edaran itu, pelaksanaan SKB dengan sistem Computer Asisted Test (CAT) akan digelar pada kurun waktu September-Oktober 2020 mendatang.

“Setelah sebelumnya pelaksanaan SKB dilakukan penundaan oleh Menpan RB. Akhirnya, update terbaru pelaksanaan akan digelar pada September atau Oktober, jadwal terbaru itu tertuang dalam Surat Edaran Menteri pada 16 Juli kemarin,” kata Sudarmadi, Senin (20/7/2020).

Ia menjelaskan, dalam edaran Menpan RB itu dikatakan pelaksanaan SKB nantinya akan diselenggarakan dengan memperhatikan pedoman Protokol Penceghan Penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan Pemerintah Pusat maupun Daerah.

“Pelaksanaan tentunya dengan protokol kesehatan yang terbaru dari Kemenkes RI dan aturan- aturan lain yang ada,”katanya.

Ia mengatakan, rencana penyelenggaraan SKB itu diberikan Kemenpan RB di kurun waktu September dan Oktober 2020 mendatang. Namun demikian, penentuan jadwal resminya masih akan dilakukan pembahasan.

“Kita masih berkoordinasi kapan tetap pastinya itu September dan Oktober. Jadwal itu tentatif, artinya masih dapat berubah tergantung dengan status keadaan tertentu,” katanya.

Sudarmadi mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan persiapan- persiapan untuk pelaksanaan SKB, salah satunya terkait penjadwalan kembali SKB.

“Kita sedang bahas terkait teknis pelaksanaan sesuai dengan edaran menteri itu. Kita juga berkoordinasi dengan Tim Gugus Covid-19 Kabupaten Karimun,” katanya.

Seperti diketahui, SKB CPNS 2019 di lingkungan Pemkab Karimun akan diikuti 366 peserta yang telah lebih dahulu dinyatakan lulus SKD pada Febuari kemarin.

Ratusan orang itu nantinya akan diseleksi kembali dan akan diambil 122 peserta yang akan dinyatakan lulus menjadi abdi negara.

(rk)