Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi. Foto : Dok Lendoot.com.

Karimun, Lendoot.com – Satu warga Pacitan Provinsi Jawa Timur yang berada di Kabupaten Karimun dikonfirmasi positif Covid-19. Data itu dirilis Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi, Kamis (25/6/2020).

Warga terkonfirmasi positif Covid-19 itu merupakan pekerja kontraktor di Bea Cukai Karimun. Ia diketahui masuk ke Kabupaten Karimun sejak 9 Juni 2020 kemarin.

“Hari ini Karimun tambah 1 kasus positif Covid-19. Pasien berumur 30 tahun, jenis kelamin laki- laki,” kata Kepala Dinas Kesehatan Karimun, Rachmadi, Kamis (25/6/2020).

Ia mengatakan, pasien 06 Positif Covid-19 itu memiliki riwayat perjalanan dari Surabaya Provinsi Jawa Timur. Hasil Rapid Test dilakukan terhadapnya menunjukkan positif yang bersangkutan Reaktif Covid-19.

“Hasil rapid test menunjukkan reaktif, kemudian dilakukan pemeriksaan Swab dan dinyatakan Positif Covid,” katanya.

Rachmadi menjelaskan, pasien positif itu di Karimun menginap di Hotel bersama satu rekan kerjanya dari Surabaya.

“Hasil PCR terhadap rekan kerjanya yang satu kamar dengannya dinyatakan Negatif Covid-19,” katanya.

Rachmadi menyebut, keduanya berangkat dari Surabaya ke Karimun via Batam menggunakan pesawat. Namun, pada saat menjalani rapid test, hasil keduanya non reaktif. Namun, ketika dilakukan rapid test lagi di Karimun, hasil tes keduanya reaktif.

“Jadi awalnya mereka rapid hasilnya non reaktif. Namun setelah di Karimun reaktif,” katanya.

Rachmadi mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan tracing terhadap hotel tempat pasien menginap dan tempatnya bekerja.

“Khususnya orang- orang yang kontak langsung dengan pasien, seperti cleaning service mungkin kita akan PCR dan hotel dilakukan penyemprotan disinfektan,”katanya.

(rk)