Karimun, Lendoot.com – Karimun membutuhkan 400 ribu vial vaksin Covid-19 untuk melakukan vaksinasi kepada seluruh masyarakat. Jumlah tersebut dua kali lipat dari total penduduk Karimun.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi dengan alasan untuk satu kali vaksinasi bagi masyarakat Kabupaten Karimun membutuhkan sekitar 200 ribuan vaksin.

“Untuk kita di Karimun ya, sekitar 200 ribuan, dikalikan dua, jadi sekitar 400 ribuan vial vaksin yang kita butuhkan,” kata Rachmadi.

Ia mengatakan, saat ini vaksinasi tahap awal hanya diperuntukkan bagi pejabat publik, tokoh maayarakat dan tenaga medis. Sementara untuk maayarakat akan dilakukan secara bertahap.

“Untuk masyarakat bisa jadi bulan Februari atau Maret, kita lakukan secara berkala,” katanya.

Ia mengatakan, proses vaksinasi akan berjalan dalam waktu lama, melihat ketersediaan vaksin di Karimun.

“Kalau untuk waktu bisa terealisasi semua pada masyarakat, kita belum tau. Kita juga menunggu vaksin dari pusat,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Karimun telah mencanangkan vaksin Covid-19 pada Sabtu 30 Januari kemarin. Hal itu setelah 3.480 vial vaksin tiba di Kabupaten Karimun.

Untuk tahap awal, vaksin akan dilakukan kepada pejabat publik di Karimun dan tenaga medis. Hal itu, guna mengsosialisasikan vaksin Covid-19 itu. (rko)