Karimun, Lendoot.com- Kabut asap semakin pekat menyelimuti Kabupaten Karimun, Sabtu (14/9/2019) siang. Kondisi tersebut terparah dari beberapa hari belakangan yang terjadi di sekitar wilayah Karimun.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas IV Raja Haji Abdullah Kabupaten Karimun Raden Eko Sarjono mengatakan, kondisi kabut asap yang terjadi pada Sabtu (14/9/2019) merupakan terparah untuk wilayah Karimun.

“Iya memang benar, kondisi kabut asap hari ini sangat tebal,” kata Raden Eko, Sabtu (14/9/2019).

Ia mengatakan, asap yang menyelimuti wilayah Karimun merupakan kiriman dari kebakaran hutan di wilayah Sumatera dan terbawa angin ke Karimun dan sekitarnya.

“Untuk hot spot di Karimun tidak ada terpantau. Ini merupakan asap dari wilayah Sumatera yang terbawa angin dan menyelimuti Karimun,” katanya.

Eko mengatakan, kondisi ini sudah menganggu wilayah Karimun khususnya bagi transportasi darat dan laut. Untuk itu, dirinya lebih menghimbau kepada penyedia jasa angkutan dapat lrbih berhati-hati dan waspada saat melakukan pelayaran.

“Jarak pandang saat ini 3 kilometer. Sudah sangat menganggu bagi pelayaran. Sedangkan untuk grlombang di perairan masih dalam keadaan normal, antara 0,2 meter hingga 1,5 meter,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk dapat menggunakan masker apalagi saat melakukan aktivitas di luar.

“Kami menghimbau selalu memakai masker apalagi kalau sedang keluar rumah. Warga yang punya penyakit ispa terutama asma kalau tidak penting lebih baik jangan keluar rumah dahulu,”katanya.

(Ricky Robiansyah)