Karimun, Lendoot.com – Jamaah Haji asal Kabupaten Karimun Kloter 27 embarkasi Batam dijadwalkan tiba di Kabupaten Karimun, Senin (3/9/2019) mendatang.

Kepala Seksi Penyelengaraam Haji Kemenag Karimun Endang Sri Wahyu mengatakan, para jamaah haji asal Kabupaten Karimun saat ini dalam proses kepulangan ke tanah air.

“Sekarang masih tahap kepulangan, tanggal 3 sudah tiba di Karimun. Kondisi jamaah kita alhamdulillah sehat secara keseluruhannya,” kata Endang, Jumat (30/8/2019).

Ia menyebutkan, jumlah Jamaah Haji yang akan tiba pada 3 September mendatang berjumlah 161 orang. Jumlah itu berbeda dibandingkan ketika saat keberangkatan.

“Jumlah keseluruhan Jamaah itu 163 orang, satu orang meninggal dunia di Makkah, sementara satu orang lagi pulang lebih duluan karena sakit dan dititipkan di kloter 7,”katanya.

Endang menjelaskan, prosesi penyambutan para jamaah saat tiba di Karimun akan dilakukan dalam adat melayu dengan sambutan tabur beras kunyit.

“Setelah itu untuk yang Karimun akan dikumpulkan di Masjid Agung dan dijemput oleh keluarganya disana. Sedangkan untuk di pulau-pulau akan di masjid setiap kecamatan masing-masing,” katanya.

Ricky Robiansyah