Karimun, Lendoot.com – Tiga pelaku pencurian dengan kekerasan atau jambret yang diringkus tim Opsnal Satreskrim Polres Karimun telah beraksi di 10 TKP wilayah Kabupaten Karimun. Dalam aksinya, para pelaku cenderung beraksi bergantian dengan target kaum wanita.

Dari pengakuan pelaku, TKP yang menjadi target dalam aksinya rata- rata berada di Kecamatan Tebing dan kecamatan Meral. Aksi itu didasari faktor ekonomi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Seorang pelaku berinisial D mengatakan, aksi nekat jambret dilakukan bersama rekannya yang lain untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari- hari. Ia mengaku tidak memiliki pekerjaan dan harus memenuhi kebutuhan istri dan anaknya.

“Saya tidak bekerja lagi, dulu sempat kerja sebagai buruh bangunan, tetapi sudah berhenti. Saya juga memiliki dua orang anak yang harus dinafkahi,” kata D di Polres Karimun.

Kerap kali mencoba mencari pekerjaan untuk mendapatkan uang, namun dirinya tidak kunjung berhasil mendapatkan kerja. Karena tidak ingin istri dan anak kelaparan, ia akhirnya memutuskan untuk bertindak nekat menjambret.

“Hasil dari jambret juga tidak banyak dan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari. Dari hasil jambret itu, dirinya bagi dua bersama rekannya,” katanya.

Aksi nekat tersebut kerap dilakukan berdua dengan pelaku lainnya, yaitu R. Dimana, R bertugas sebagai joki yang membawa motor, dan D sebagai pemetik atau yang mengambil barang-barang korban.

“Kami bagi dua hasilnya. Untuk barang-barang hasil curian dijual ke Batam,” katanya.

Pengakuan D, dirinya bersama rekan yang lain telah melakukan 10 kali aksi jambret. Namun, dalam beraksi dia tidak pernah melukai korbannya.

“Tidak pernah saya melukai korban saya, saya cuma ambil barang-barangnya saja,” ujar D.

Adapun tempat yang menjadi targetnya yakni di wilayah kecamatan Tebing dan Kecamatan Meral, antara lain Jalan Changgai Putri Kecamatan Tebing, Jalan Simpang Empat Paya Cincin sebanyak dua kali, Jalan Teluk Paku Kecamatan Meral, Jalan PN Depan Universitas Karimun, Jalan PN Depan Pasar, Jalan Wonosari, Jalan Coastal Area depan Hotel Ecotel, jalan Bati depan PDAM Karimun dan terakhir di Jalan Bukit Senang Kecamatan Karimun

Ketiga pelaku jambret berhasil diringkus tim macan hitam Polres Karimun. Polisi terpaksa melumpuhkan ketiga pelaku dengan timah panas, karena mencoba melarikan diri.

(Ricky Robiansyah)