Karimun, Lendoot.com – R, pria berusia 25 tahun otak pelaku penjambretan yang meresahkan masyarakat Kabupaten Karimun belakangan ini.

R bersama kedua temannya D dan H berhasil diamankan Satreskrim Polres Karimun, Kamis (22/8/2019) sekira pukul 18.00 WIB dengan dihadiah timah panas oleh polisi.

“Jadi tiga orang tersangka ini R adalah otak dari semuanya. Dia sebagai joki motor kemudian dia mengajak H dan D melakukan jambret,” kata Kasat Reskrim Polres Karimun AKP Lulik Febyantara, Jumat (23/8/2019) siang.

Lulik menjelaskan, R dan kedua rekan jambret nya itu baru saja datang ke Karimun sekitar dua bulan yang lalu dari kota Batam.

“Di Karimun ini mereka tinggalnya berbeda namun sering berkomunikasi dan hampir setiap hari melakukan jambret. Untuk barang hasil curian yang mereka dapatkan di jual di kota Batam. Nanti akan kita kembangkan barang ini mereka jual kemana dan hasilnya untuk apa nanti akan kita kembangkan,” jelasnya.

Lulik menambahkan, saat ini polisi mengamankan ketiga tersangka jambret itu beserta barang bukti berupa dua unit sepeda motor, dua unit handphone, ATM BCA dan Helmet di Mapolres Karimun.

“Barang bukti yang kita amankan dua unit motor Revo hitam dan Jupiter MX hitam yang digunakan untuk melancarkan aksinya. Kemudian mengamankan dua unit handphone, kartu ATM BCA dan helmet. Untuk hukuman, mereka dikenakan pasal 365 tentang tindak kejahatan dan kekerasan dengan hukuman penjara 9 tahun penjara,” tambahnya. (riandi)