Karimun, Lendoot,com – Peringatan tersebut disejalankan dengan pelantikan 547 anggota Palang Merah Remaja (PMR) Karimun yang terdiri dari pelajar SMP dan SMA di 23 sekolah wilayah Karimun.

HUT PMI biasanya diperingati setiap 17 September tiap tahunnya. Pada tahun 2019, secara nasional peringatan HUT PMI mengusung Tema Kita Tangguh, Indonesia Maju.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, PMI Karimun selalu mendorong dan meningkatkan keikutsertaan relawan muda khususnya PMR untuk berpartisipasi aktif di setiap gerakan kemanusiaan. 

“Sejak dini mereka harus didorong untuk berperan menjadi agen atau pelopor untuk menyebarkan pemahaman kepada teman-temannya dan masyarakat mengenai pentingnya gerakan kemanusiaan dalam kehidupan saat ini,” kata Rafiq, Rabu (18/9/2019).

Ia berharap, dengan dikukuhkannya PMR ini dapat membantu PMI melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial seperti aksi donor darah di Kabupaten Karimun.

“Kehadiran PMR ini diharapkan dapat membantu PMI dalam melaksanakan kegiatan sosial,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris PMI Kabupaten Karimun Rachmadi menjelaskan, total anggota PMR se-Kabupaten Karimun yang dikukuhkan sebanyak 547 orang. Namun, dalam kegiatan ini ada sebanyak 250 orang yabg hadir.

“Anggota PMR yang dikukuhkan sekitar 250 orang. Karena tidak semua anggota bisa hadir terutama yang dari luar Pulau Karimun,” kata Rachmadi yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan itu.

Ia berharap, anggota PMR PMI yang dikukuhkannya dapat meningkatkan rasa cinta menjadi anggota PMR PMI dan meningkatkan pengabdiannya untuk kemanusiaan. 

“Setelah lulus sekolah nanti mereka tetap menjadi bagian dari PMI dan tetap bergabung menjadi anggota relawan baik bergabung dalam Korp Suka Rela (KSR), Tenaga Suka Rela (TSR) maupun bergabung dalam Donor Darah suka Rela (DDS),” katanya.(ricky robiansyah)