Karimun, Lendoot.com – Bupati Karimun menjadi inspektur upacara dalam peringatan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-74 yang dilaksanakan di Coastal Area, Senin (25/11/2019) pagi.

Upacara tersebut diikuti oleh ratusan Guru-guru (tenaga pendidik) yang ada di Kabupaten Karimun.

Dalam amanat Ketua PB PGRI, Unifah Rosyidi yang dibacakan Aunur Rafiq menyampaikan bahwa tugas pendidik adalah memperjuangkan dan berperang melawan kebodohan. Oleh karena itu guru meiliki peran strategis dalam membangun Indonesia unggul.

“Peran guru meningkatkan pendidkan. Merawat perkembangan positif peserta didik. Menjadikan ruang kelas sebagai awal perubahan. Ataupun┬ádi luar keras dengan komunikasi yang interaktif,” katanya.

Unifah menyebutkan, saat ini guru bukan lagi menjadi satu-satunya sumber informasi dikarenakn cepatnya kemajuan teknologi. Namun meski demikian guru tidak dapat digantikan dengan teknologi.

Oleh karena itu ia berpesan agar PGRI dari tingkat pusat hingga ranting dapat bekerja keras, bekerja sama dengan Pmerintah pusat dan pemda untuk mencapai terciptanya pendidikan nasional yang bermutu.

“Guru mengabdikan dirinya terus berinovasi dalam melaksanakan tugas. Sadar jika dirinya menjadi contoh siswanya. Guru jaman kini dan jaman mendatang dibutuhkan sebagai Indonesia unggul. PGRI sebagai organisasi profesi, independen yang harus tetap dijaga,” ujarnya.

Sementara itu, Aunur Rafiq menambahkan, atas nama pemerintah daerah Kabupaten Karimun juga mengucapkan terimakasih kepada guru-guru yang ada di lingkungan Pemkab Karimun. (riandi)