Karimun, Lendoot.com – Peringati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020, Polres Karimun menggelar acara syukuran bersama awak media di Kabupaten Karimun di Restoran Ali Mas, Minggu (9/2/2020) malam.

Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur mengatakan, insan pers merupakan mitra Polri yang tidak terpisahkan. Oleh karena itu sinergitas pers dan Polri yang cukup baik ini dapat menciptakan situasi kondusif di Kabupaten Karimun.

“Insan pers adalah mitra Polri, hubungan sinergitas yang terjalin ini ibaratkan ikan dengan air, kami Polri butuh pers begitu juga sebaliknya,” katanya.

Yos Guntur mengatakan, insan pers memiliki peranan penting dalam tubuh Polri. Oleh karena itu, ia mengucapkan terimakasih telah membantu menciptakan Karimun aman dan kondusif.

“Insan pers di Karimun memiliki peranan yang sangat penting, hal itu terbukti, insan pers di Karimun mampu mendinginkan suasana dengan tidak memperbesar masalah yang ada,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan awak media Fredy Lubis mengatakan, ia sangat berterimakasih dan memberi apresiasi kepada Polres Karimun yang telah menggelar syukuran HPN ini.

“Saya mewakili rekan media yang lain tentunya memberikan apresiasi kepada Kapolres Karimun dan jajarannya meskipun memiliki kesibukan tetap menyempatkan diri membuat acara syukuran Hari Pers Nasional tahun 2020 ini,” tambahnya.

Diketahui, HPN diselenggarakan setiap 9 Februari berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985.

Keputusan Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985 itu menyebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

Dewan Pers kemudian menetapkan Hari Pers Nasional dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di ibu kota provinsi se-Indonesia. (rnd)