Sekdakab Karimun, Muhd Firmansyah (kiri). (ist)

Karimun, Lendoot.com – Pemerintah Kabupaten Karimun tetapkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga kontrak atau honorer di lingkungan kerja Pemkab Karimun mulai masuk kerja pada Selasa, 2 Juni 2020.

Hal ini dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun, Muhammad Firmansyah, Jumat (29/5/2020).

“Dalam fase new normal ini, seluruh ASN dan juga tenaga kontrak atau honorer di lingkungan Pemkab Karimun akan masuk kerja tanggal 2 Juni mendatang seperti biasa,” katanya.

Firmansyah mengatakan, ada tiga indikator yang akan dilaksanakan oleh ASN maupun tenaga kontrak di Pemkab Karimun pada saat mulai kerja dengan menjalankan protokol kesehatan.

“Namun, mereka tetap menjalankan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, siapkan hand sanitizer dan juga selalu mencuci tangan dengan air yang mengalir,” ujarnya.

Firmansyah menjelaskan, seperti biasa, pegawai akan tetap memberlakukan sistem fingerprint. Dan di tempat fingerprint nantinya akan disediakan hand sanitizer dan tisu, sehingga setelah melakukan absen mereka dapat dibersihkan tangannya.

“Ini salah satu langkah yang akan kita lakukan kepada para pegawai. Segala indikator kita Kabupaten Karimun sudah zona hijau namun untuk mengatasi suatu masalah bukan berarti meniadakan sistem yang telah ada. Tapi bagaimana menambah kelengkapan untuk proteksi kesehatan,” jelasnya.

Firmansyah menambahkan, untuk jam kerja bagi pegawai yang rentan terhadap penularan virus Covid-19, pihaknya akan mengkaji kembali dengan mengkalkulasikan umur pegawai yang diharuskan masuk kantor serta umur pegawai yang dibolehkan bekerja di rumah.

Dirinya juga akan menentukan pergantian jam kerja sesuai dengan umur, terlebih pegawai yang bertugas di institusi pelayanan. Bagi pegawai yang masuk kategori lebih tua hanya melaksanakan tugas pelayanan dari pagi sampai siang, sementara pegawai yang lebih muda bekerja setelah pegawai yang tua tersebut.

“Namun pemerintah sedang menguji kembali mengklarifikasi umur yang rentan agar fleksibel waktu jam kerjanya,” tambahnya. (rnd)