Kapal Dumai Express 15 saat sandar di dermaga Pelabuhan Tanjungbalai Karimun
Kapal Dumai Express 15 saat sandar di dermaga Pelabuhan Tanjungbalai Karimun (Ist)

Karimun, Lendoot.com – Jika Anda berencana bepergian saat hari pencoblosan, sebaiknya membaca kabar ini, Sebabm sejumlah pemilik jasa angkutan kapal di Karimun meliburkan awak kapalnya untuk ikut berpartisipasi dalam Pemilihan Umum serentak pada Rabu 17 April 2019 mendatang.

Otomatis hal ini akan membuat sejumlah angkutan laut di Pelabuhan Internasional dan Domestik Kabupaten Karimun, tidak beroperasi pada hari pencoblosan tersebut.

Ini disebabkan sejumlah Pemilik jasa angkutan kapal memilih memberikan kesempatan kepada awak kapalnya untuk ikut berpartisipasi dalam pemilu 2019.

Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Laut KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun Febri Bur membenarkan kabar ini ketika dikonfirmasi perihal tersebut.

Febri mengatakan, sejauh ini pihaknha telah mendapatkan beberapa surat pemberitahuan dari Pemilik Jasa Angkutan Laut terhadap adanya perubahan jadwal keberangkatan dan kedatangan kapal di Pelabuhan Karimun.

“Ada beberapa kapal merubah jadwal keberangkatan pada saat Pemilu nanti. Kita sudah menerima surat pemberitahuannya dan juga pihak kapal sudah menyebarkan informasi di loket-loket mengenai hal itu,” kata Febri kepada Kepri Media Group, Senin (15/4/2019).

Ia juga menjelaskan, beberapa angkutan laut yang merubah jadwalnya diantaranya ialah MV Miko Natalia, Batam jet, Dumai Ekspress, Tobindo dan Putri Angraini.

“Untuk kapal MV Mikonatalia itu jadwal pertama pukul 07.30 tidak beroperasi dan akan mulai beroperasi pada 09.30,” katanya.

Sedangkan kapal Dumai Ekspress pada pagi hari tidak beroperasi dan baru akan melayani angkutan laut pada siang hari sekira pukul 14.30 dengan tujuan ke Batam. Sedangkan Batam Jet tujuan Batam dan Dumai, pada Rabu tidak beroperasi sama sekali.

Selanjutnya untuk di Pelabuhan Internasional, dengan tujuan Karimun KuKup dan Karimun Johor, tidak beroperasi pada pukul 08.00 Wib sampai pukul 10.00 Wib. Mereka baru melayani angkutan laut pada jadwal keberangkatan diatas pukul 10.00 Wib.

Sementara itu, untuk sejumlah kapal lainnya seperti Oceana tetap beroperasi seperti biasanya, begitu juga dengan angkutan laut tujuan Singapura.

“Ada beberapa yang normal dan tidak merubah jadwal, seperti Sb Karunia Jaya tujuan Tanjungpinang, itu tetap melayani keberangkatan pada pagi hari pukul 07.30. Selain itu kapal tujuan Singapura juga sama, tetap dengan jadwal normalnya,” ujar Febri.

Selain aktifitas di Pelabuhan Domestik dan Internasional Kabupaten Karimun. Untuk pelabuhan antar pulau Karimun, sementara tetap beroperasi seperti biasa. Disebabkan, pihaknya belum menerima surat pemberitahuan dari agen-agen kapal. (*/kmg)