Suasana workshop kompang di Rumah Melayu Karimun.
Suasana workshop kompang di Rumah Melayu Karimun.

Karimun, Lendoot.com – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karimun akan menggelar festival kompang 2018. Rencananya kegiatan ini digelar pertengahan Maret mendatang.

“Pertengahan Maret nanti kita akan laksanakan festival kompang,” Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karimun Zamri saat menggelar Workshop Seni dan Budaya Kompang yang dilaksanakan di Gedung Melayu, Minggu (10/2/2019).

Zamri berharap peserta workshop itu nantinya mendapat ilmu untuk mempersiapkan mengikuti festival kompang tersebut.

Workshop ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karimun. “Ini kegiatan tahunan kita yang bertujuan untuk memotivasi seluruh sanggar kompang yang ada di daerah ini.

Zamri menjelaskan, untuk jumlah Sanggar Kompang yang ada di Kabupaten Karimun sebanyak 30 sanggar. “Alhamdulillah dari beberapa sanggar tersebut pernah menjuarai event di Kota Batam,” katanya.

Untuk presentasi Kompang Kabupaten Karimun kita pernah memegang juara 1, 2 dan tiga pada event yang digelar di kota Batam. Saat itu dijuarai oleh sanggar Kompang dari Kecamatan Meral dan Moro.

Dengan digelarnya workshop ini, Zamri mengharapkan seluruh Sanggar yang ada di Kabupaten Karimun dapat hidup dan terus berkembang.

“Harapan kita tentu agar setiap sanggar ini hidup dan dapat terus berkembang mengembangkan kualitas sanggarnya masing-masing,” harapnya. (riandi)