Karimun, Lendoot.com- Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau membangun ruang tunggu penumpang untuk pelabuhan Tanjung Berlian Kecamatan Kundur Utara, Senin (14/10/2019).

Gedung ruang tunggu yang dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kepri tahun 2019, ditafsir menelan anggaran Rp 539 juta.

Kepala Bidang Kepelabuhanan Dinas Perhubungan Provinsi Kepri Azis Kasim Djou mengatakan, pembangunan gedung yang akan dijadikan ruang tunggu ditafsir akan selesai pada Desember 2019.

“Untuk kantor san ruang tunggu. Nanti akan bersamaan dengan loket penjualan tiket,” kata Azis, Senin (14/10/2019).

Ia mengatakan, bangunan itu nantinya akan digunakan pada awal tahun 2020. Gedung tersebut akan mengantikan gedung ruang tunggu sebelumnya yang kecil dan sempit.

“Sebelumnya sudah ada ruang tunggu, tapi kecil dan ketika ramai sempit, kadang penumpang nunggu diluar,” katanya.

Pelabuhan Tanjung Berlian merupakan satu dari sejumlah penumpang yang cukup ramai di Pulau Kundur. Pelabuhan itu merupakan akses masyarakat setempat untuk menyeberangi pulau-pulau disekitar.

Bukan hanya digunakan turun naik penumpang speed boat antar pulau dalam Kabupaten Karimun dan Antar kabupaten/kota, namun Pelabuhan di Kelurahan Tanjung Berlian Kota itu juga kerap disinggahi kapal barang.

Selain pelabuhan Tanjungberlian, Pemerintah Provinsi Kepri juga akan membenahi pelabuhan Kampung Asam Kecamatan Kundur Utara. Pelabuhan tersebut akan ditambah pontom berbahan plastik kimia atau HDPE.

“Kelebihan dari ponton HDPE tersebut memiliki keunggulan di segi perawatan. Sementara untuk harga tidak jauh berbeda dengan ponton baja,” katanya.

Lanjutnya, pembangunan bagian Pelabuhan Kampung Asam ini menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (Provinsi Kepri) sebesar Rp 1,8 miliar. (ricky robiansyah)