Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko. Foto : Dok Lendoot.com

Karimun, Lendoot.com  – Sesuai dengan undang- undang nomor 8 tahun 2015 tentang Pilkada, debat Kandidat Calon Kepala Daerah di Pilkada Karimun 2020 rencanaya akan digelar maksimal 3 kali.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun Eko Purwandoko mengatakan, Pilkada Karimun 2020 akan digelar ditengah Pandemi Covid-19. Namun demikian, tahapan debat para kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun dipastikan akan tetap digelar.

“Debat calon Bupati-Wakil Bupati Karimun ada, maksimal 3 kali berdasarkan undang-undang,” ujar Eko Purwandoko, Senin (7/9/2020).

Namun demikian, Eko mengatakan, debat kandidat nantinya juga tergantung dari para calon Bupati dan Wakil Bupati. Perihal itu nantinya akan perlu dilakukan koordinasi lagi.

“Bahasanya kan maksimal bisa 3 kali, berarti bisa 2 kali atau sekali asal jangan 4 kali itu tak ada diatur. Berapa kalinya nanti, kami akan rembukkan dulu dengan para kandidat, mereka maunya berapa kali,” ujarnya.

Perihal jadwal debat pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Karimun 2020-2024 itu, Eko mengatakan akan digelar pada tahapan kampanye mulai 26 September 2020.

“Itu masuk tahapan kampanye mulai 26 September. Bisa digelar di awal, di tengah atau di akhir, nanti kita atur bersama para kandidat,” kata Eko.

Debat pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Karimun 2020-2024 tersebut rencananya akan dibuka untuk umum. Hanya saja berapa orang yang bisa masuk ke dalam ruang acara debat kata Eko kemungkinan akan dibatasi mengikuti standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Kami akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, mungkin tidak seperti dulu lagi tapi dibatasi pesertanya,” katanya.

Debat calon Bupati-Wakil Bupati Karimun 2020-2024 itu dinilai akan sangat berpengaruh kepada pemilih untuk menentukan pilihan di Pilkada Karimun, 9 Desember mendatang.

Kandidat yang bisa memberikan jawaban realistis dan berdasarkan data ril, diperkirakan akan mendapat atensi lebih dari publik khususnya pemilih di dalam bilik suara nantinya.

Pilkada Karimun 2020 diperkirakan hanya akan diikuti dua pasang calon . Keduanya yakni pasangan petahana Aunur Rafiq-Anwar Hasyim dan penantangnya pasangan Iskandarsyah-Anwar Abubakar. (rk)