Peres,oam Kampung Bahari Nusantara pertama di Kabupaten Karimun, di Desa Jang Moro, Jumat (22/1/2021). (rko)

Karimun, Lendoot.com – Desa Jang Kecamatan Moro Kabupaten Karimun diresmikan menjadi Kampung Bahari Nusantara pertama di Kabupaten Karimun, Jumat (22/1/2021).

Kampung Bahari Nusantara tersebut langsung diresmikan Komandan Pangkalan Utama TNI AL IV, Laksma TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han. Peresmian itu ditandai dengan penekanan Sirene oleh Danlantamal IV Laksma TNI Indarto dengan didampingi Bupati Karimun Aunur Rafiq, Danlanal Karimun Letkol Laut (P) Maswedi, Kapolres Karinun AKBP Muhammad Adenan.

Laksma TNI Indarto mengatakan, pembentukan kampung bahari Desa Jang merupakan intruksi langsung Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E. M
M. Kampung Bahari Nusantara merupakan bentuk membantu Pemerintah Daerah menciptakan masyarakat berbasis maritim.

“Pencangan kampung bahari nusantara merupakan perintah langsung dari Kasal yang bertujuan untuk membantu pemerintah daerah agar masyarakat di desa tersebut semakin maju dan makmur,” kata Laksma TNI Indarto usai peresmian.

Ia mengatakan, pemilihan Desa Jang sebagai Kampung Bahari Nusantara atas dasar kreteria- kreteria yang telah terpenuhi, seperti memiliki taman baca, tempat wisata, ketahanan pangan dan fasilitas kesehatan.

“Pencanangan desa jang ini sudah melalui hasil survey oleh Danlanal Tanjungbalai Karimun serta koordinasi yang baik dengan forkopimda,” katanya.

Danlantamal menyampaikan pesan kepada forkopimda Karimun agar dapat terus melakukan pembinaan terhadap desa yang sudah dicanangkan sebagai kampung bahari nusantara.

“Desa lainnya tentunya juga akan dibina sebagai kampung bahari nusantara sebagai wujud TNI dalam membantu memajukan desa,” katanya.

Bupati Karimun Aunur Rafiq menyampaikan terimakasih kepada Danlantamal serta jajarannya yang telah mencanangkan desa jang sebagai kampung bahari nusantara.

Menurutnya, Desa Jang memang layak dicanangkan karena sudah memenuhi kriteria-kriteria sebagai kampung bahari nusantara.

“Semoga adanya kampung bahari nusantara ini dapat memotivasi pemerintah desa dan warganya dalam hal memajukan desa, khususnya di sektor pariwisata agar dapat meningkatkan minat wisatawan,” jelas Rafiq.

Rafiq turut mengapresiasi peran tiga pilarnya. Yakni, Lanal Tanjungbalai Karimun, Kodim 0317/tbk dan Polres Karimun dalam membantu mensejahterakan masyarakat.

Pasalnya, sebelum pencanangan kampung bahari nusantara oleh Lanal Tanjungbalai Karimun juga ada desa tangguh oleh Polres Karimun dan Kodim 0317/TBK.

“Saya sangat apresiasi sekali peran tiga serangkai yang luar biasa ini dalam mensejahterakan masyarakat khususnya ditengah pandemi COVID-19,” kata Rafiq.

Dalam peresmian itu, Danlantamal IV Laksma TNI Indarto juga turut melakukan peninjauan terhadap fasilitas- fasilitas kampung bahari nusantara, antara lain taman pojok baca, tempat budi daya rumput laut dan sebagainya.

(rko)