Ilistraso PPDB. (internet)

Karimun, Lendoot.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP tahun ajaran 2020-2021 dijadwalkan akan digelar pada 29 Juni 2020 mendatang.

Tahun 2020, merupakan pertama kalinya PPDB digelar secara daring, sebelumnya tahun 2019 lalu rencana ini sempat diwacanakan, namun belum dapat terlaksana akibat terkendala jaringan.

Sistem PPDP Online ini sendiri, akan dilaksanakan 15 sekolah tingkat SMP di Karimun, antara lain; 13 sekolah di Pulau Karimun, satu sekolah di Pulau Kundur dan satu sekolah lagi di Pulau Moro.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun Bakri Hasyim mengatakan, PPDB tahun 2020 tahun 2020 akan menggunakan 2 sistem berbeda, yakni sistem daring dan luring.

Untuk PPDB sistem daring akan digelar sejumlah SMP di pulau Karimun dan sekitarnya. Sementara untuk sejumlah SMP lainnya masih menggunakan sistem Luring.

“Beberapa sekolah tingkat SMP sudah menggunakan sistem daring atau online, selebihnya masih luring. Ada sekitar 15 SMP, antara lain; 13 di Pulau Karimun, satu di Pulau Kundur dan satu di Pulau Moro,” kata Bakri, Kamis (28/5/2020).

Untuk SD kata Bakri, saat ini masih menerapkan PPDP secara offline atau luring. Namun demikian, ditengah Pandemi Covid-19 ini, PPDB dilaksanakan dengan memperhatikan protap kesehatan.

“SD dan sejumlah SMP lainnya yang masih PPDB secara manual akan dilaksanakan dengan memperhatikan protap kesehatan, artinya kita juga menghindari adanya kerumunan mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Ia mengatakan, PPDB tahun 2020 akan mulai disosialisasikan pada Juni awal mendatang melalui media spanduk di masing-masing sekolah.

“Juni awal kita mulai sosialisasikan. Jadi itu mau laring atau luring nanti disetiap sekolah itu akan diinformasikan,” katanya.

Secara resmi PPDB tahun 2020 akan dilaksanakan pada 29 Juni 2020 mendatang, nantinya untuk PPDB Online para pendaftar dapat mengakses situs Karimun.siap-ppdb.com. untuk melakukan pendaftaran.

Terdapat 4 jalur dalam PPDB tahun ini, antara lain Sistem Zonasi yakni berdasarkan willayah sekolah, afirmasi untuk warga kurang mampu, prestasi untuk siswa berprestasi dan jalur perpindahan orang tua untuk orang tua pendaftar yang pindah tugas. (rk)