Karimun, Lendoot.com – Satu pasien positif virus corona yang isolasi di RSUD Muhammad Sani memiliki riwayat perjalanan dari Malaysia pada 9 Maret 2020 lalu.

“Pasien ini sebelumnya memiliki riwayat perjalanan dari Malaysia pada 9 Maret lalu. Kemudian sampai di Karimun, ia mengalami sakit batuk pada 12 Maretnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Rachmadi,” Kamis (19/3/2020) kemarin.

Rachmadi mengatakan, setelah mengalami batuk hingga mengeluarkan darah, pasien langsung melakukan pemeriksaan di RSUD Muhammad Sani.

“Tim kita akan melakukan penyusuran ke warga yang pernah kontak erat dengan pasien dengan tujuan apabila ditemukan mengalami gejala Covid-19 cepat dilakukan tindakan medis,” ujarnya.

Rachmadi mengatakan, selain melakukan penyusuran ke orang yang pernah kontak fisik dengan pasien, tim juga melakukan penyusuran ke tempat-tempat yang pernah dikunjungi pasien.

“Kita juga melakukan penyusuran ke tempat-tempat yang pernah dikunjungi pasien. Namun informasinya, saat pasien berada di Karimun, pasien tidak banyak pergi kemana-mana,” katanya.

Rachmadi menambahkan, terkait virus corona atau Covid-19 ini, untuk warga yang dikarantina (karantina rumah) saat ini sebanyak tiga rumah.

“Untuk warga yang dikarantina rumah terus dipantau oleh pihak puskesmas setempat,” tambahnya. (rnd)