Karimun, Lendoot.com – Satreskrim Polres Karimun mengamankan seorang anak di bawah umur yang kedapatan melakukan tindak pencurian di Perumahan New Orleans Blok Wine Peg No 11A, RT 003 RW 007, Kelurahan Tanjungbalai Kota, Kecamatan Karimun, Sabtu (14/3/2020) lalu.

Kasat Reskrim Polres Karimun AKP Herie Pramono mengatakan, WE pelaku pencurian yang masih berusia 16 itu diamankan pada saat berada di kos-kosannya di jalan pertambangan Kelurahan Sungai Lakam, Selasa (17/3/2020) sekitar pukul 20.00 WIB.

“Pelaku ini masih di bawah umur, ia kami amankan saat berada di kos-kosannya. Dari pelaku kita mengamankan sejumlah barang bukti berupa 1 unit laptop, buku tabungan, ATM Mandiri, peralatan kosmetik dan uang tunai Rp500 ribu,” ujarnya.

Herie menjelaskan, modus yang dilakukan pelaku dengan cara berjalan kaki dan masuk pintu rumah belakang yang pada saat itu terbuka. Kemudian pelaku menggasak laptop dan tas ransel yang berisikan uang tunai sebesar Rp500 ribu serta surat-surat berharga lainnya.

“Jadi pelaku ini masuk melalui pintu belakang rumah yang terbuka, kemudian ia masuk hingga ke ruang tamu dan langsung menggasak barang-barang yang diinginkan seperti laptop dan uang tunai,” jelasnya.

Herie mengatakan, kecurigaan korban berawal dari pada saat istri korban menanyakan uang belanja kepadanya, kemudian korban mengambil uang dan melihat laptop miliknya sudah tidak ada lagi.

“Saat korban hendak apel pagi, istri korban meminta uang belanja kepadanya. Setelah itu korban mengambil uang dan melihat laptopnya tidak ada dan istri korban juga tidak mengetahuinya,” ujarnya.

Atas perbuatannya, pelaku dikenakan pasal 363 Kitab Undang-undang Hukum Pidana dengan ancaman pidana paling lama 7 tahun Jo undang-undang nomor 11 tahun 2012 tentang sistem peradilan pidana anak dan peraturan pelaksanaannya. (rnd)