Karimun, Lendoot.com – Stasiun Meteorologi Raja Haji Abdullah Tanjungbalai Karimun menghimbau masyarakat mewaspadai kondisi cuaca tiga hari kedepan. Hal itu disebabkan potensi curah hujan yang mengalami peningkatan diakibatkan adanya Tropical Depression.

“Kita minta masyarakat untuk mewaspadai dan berhati-hati terhadap kondisi cuaca yang akhir-akhir ini mengalami peningkatan curah hujan disergai angin kencang,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Raja Haji Abdullah Tanjungbalai Karimun Raden Eko, Selasa (12/11/2019) sore.

Ia menjelaskan, peningkatan terhadap curah hujan dengan disertai angin kencang tersebut disebabkan adanya Tropical Depression di Samudera Pasifik sebelah timur Philipina, dan sirkulasi siklonik di Sumatera bagian tengah dan Kalimantan Barat serta konvergensi (pertemuan angin) di wilayah laut Andaman hingga laut Natuna.

“Hal itu berpotensi terjadi pembentukan awan-awan hujan yang dipicu pula oleh faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang hingga kuat di wilayah kepri dan menimbulkan potensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah kepri,” katanya.

Ia juga menyampaikan, untuk pengguna transportasi darat, laut maupun udara tetap menaati hinbauan dari pihak terkait dan terus melakukan pemantauan terhadap informasi dari BMKG.

“Ini akan terjadi sampai 14 November mendatang. Sehingga kita minta terus mewaspadai kondisi cuaca,” katanya.(ricky robiansyah)