Karimun, Lendoot.com – Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kabupaten Karimun dan Karimun Cycling Club (KCC) melaksanakan gowes santai sambil membersihkan jalan dari sampah di kawasan Coastal Area Kabupaten Karimun, Selasa (12/11/2019).

Gowes sambil membersihkan jalan dan beberapa titik lokasi itu merupakan wujud dukungan kepada Kabupaten Karimun menjadi kota bersih.

Ketua Karimun Cycling Club (KCC) Eryadi mengatakan, pemilihan Coastal Area sebagai lokasi kegiatan bersih-bersih yang dilakukan ISSI dan KCC dikarenakan kawasan itu merupakan tempat pariwisata yang biasanya dijadikan tempat kunjungan oleh wisatawan asing dari Malaysia dan Singapura.

“Kita bersepeda sekalian memungut sampah yang berserakan di tepi trotoar bekas pedagang berjualan, ini merupakan bentuk dukungan kami untuk menjadikan Karimun kota yang bersih dan menyadarkan masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan,” kata Eryandi, Selasa (12/11/2019).

Ia mengatakan, aksi tersebut juga bertujuan untuk merubah maindset masyarakat akan kesadaran hidup bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Kita ketahui masih banyak masyarakat yang dengan sengaja membuang sampah sembarangan, kadang diatas kendaraan masih membuang sembarangan. Ini menjadi perhatikan kita,” kata Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karimun tersebut.

Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kabupaten Karimun Anwar Abu Bakar menambahkan, agar pemerintah daerag khususnya Bupati Karimun untuk lebih gencar menjalankan Peraturan Daerah (Perda) tentang Kebersihan.pp

Dimana di Perda nomor 7 tahun 2013 tentang kebersihan, dan didalamnya terdapat aturan tentang larangan dan sanksi soal membuang sampah sembarangan.

“Dimohon kepada Bapak Bupati untuk lebih tegas dalam menjalankan Perda tentang kebersihan, kan disana disebutkan bahwa yang membuang sampah sembarangan dapat didenda. Jadi dengan didenda dan denda tersebut diberlakukan, maka masyarakat akan mikir juga mau buang sampah sembarangan,” tegas Mantan Anggota DPRD Kabupaten Karimun itu.

Dalam aksi bersepeda sambil pungut sampah itu, pihaknya telah mengumpulkan sebanyak 25 kantong hitam besar sampah pelastik di Coastal Area itu. (ricky robiansyah)