Karimun, Lendoot.com – Menjelang Operasi Patuh Seligi 2019, Satuan Lalu Lintas Polres Karimun melakukan penertiban terhadap kendaraan personil dan PNS di lingkungan Polres Karimun, Rabu (28/8/2019) pagi.

Penertiban kendaraan milik personil dan PNS itu bertujuan untuk memberikan kesadaran terhadap anggota akan pentingnya dokumen dan kelengkapan kendaraan. Selain itu, razia tersebut juga memberikan contoh menjelang Pelaksanaan Operasi Patuh yang rencananya akan dimulai pada 29 Agustus besok.

Satu persatu kendaraan milik personil dan PNS di Polres Karimun dilakukan pemeriksaan oleh petugas Satlantas. Bukan hanya anggota, Perwira Menengah Polisi yang hadir di Polres turut dilakukan pemeriksaan oleh petugas.

Kasat Lantas Polres Karimun AKP Teuku Fazrial Kenedy mengatakan, penertiban kendaraan milik personil dan PNS di lingkungan Polres Karimun bermaksud untuk memberikan contoh, bahwa bukan hanya masyarakat saja yang harus tertib lalu lintas, melainkan juga personil kepolisian.

“Pagi ini kita lakukan pemeriksaan untuk memastikan kendaraan para personil sesuai aturan. Kegiatan ini kita laksanakan dalam rangka Ops Patuh Seligi 2019 yang dimulai pada esok hari,” kata Kenedy usai kegiatan razia.

Ia menyebutkan, setiap personil polisi harus taat akan aturan, termasuk dalam berlalu lintas. Sehingga nantinya dalam melakukan penindakan dapat menjadi contoh kepada masyarakat.

“Sebelum merazia kendaraan milik masyarakat, kita lebih dahulu tertibkan kendaraan personil. Jangan sampai kita yang seharusnya memberikan contoh baik, jadi sebaliknya. Bagaimana masyarakat bisa tertib,” tegasnya.

Dalam razia tersebut, petugas tidak mendapati adanya personil yang melanggar aturan. Seluruh personil Polres Karimun dipastikan telah melengkapi dokumen dan kelengkapan kendaraan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Semuanya kita periksa dan lengkap, baik itu surat- surat dokumen kendaraan maupun kelengkapan,” katanya.

Selanjutnya, Kenedy menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Karimun untuk mempersiapkan dokumen dan kelengkapan kendaraan sebelum pelaksanaan Operasi Patuh 2019 dimulai. Pihaknya akan mengambip tindakan berupa tilang kepada pengendara yang tidak menaati aturan.

“Kita himbau seluruhnya untuk dapat melengkapi surat- surat kendaraan dan kelengkapan seperti helm, spion dan lainnya. Ayo kita ciptakan Karimun sebagai daerah tertib berlalu lintas,” katanya. (ricky robiansyah)