Karimun, Lendoot.com- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Karimun tanggap bencana kabut asap di wilayah Karimun dengan membagikan ribuan masker kepada masyarakat, Minggu (15/9/2019).

Pembagian masker tersebut dilakukan atas dasar semakin tebalnya kabut asap kiriman dari Sumatera yang menyelimuti Bumi Berazam sejak beberapa hari lalu.

Terkait kondisi kabut tersebut, Stasiun Meteorologi Kelas IV Tanjungbalai Karimun langsung mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrim. Dalam surat yang dikeluarkan BMKG itu, diminta masyarakat luas pengguna transportasi laut, darat dan udara untuk berhati- hati dan waspada saat kondisi kabut asap ekstrim yang terjadi.

Ketua BAZNAS Karimun Nasrial mengatakan, melalui BAZNAS Tanggap Bencana (BTB), pembagian ribuan masker kepada masyarakat. Ini merupakan aksi tanggap dari Baznas Karimun dalam mengantisipasi Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) akibat kabut asap yang semakin pekat.

“Tadi pagi sebanyak 12 orang relawan tergabung di dalam BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) turun ke jalan membagikan masker. Kita ketahui, saat ini kabut asap telah menyelimuti Karimun dan ini langkah antisipasi kita,” kata Nasrial kepada Lendoot.com, Minggu (15/9/2019).

Kegiatan pembagian masker tersebut difokuskan di Kecamatan Karimun, dengan membagikan sekitar 1.000 masker kepada pengendara yang melintasi simpang Trafic Light Sei Lakam.

“Kita berharap dengan upaya pembagian masker kepada masyarakat ini dapat memberikan manfaat, khususnya bagi kesehatan. Saat ini, kabut di Karimun memang tebal dengan jarak pandang hanya 1 kilometer,” kata Nasrial.
(ricky robiansyah)