Ponton dan rampdoor Pelabuhan Kampung Asam, Desa Teluk Radang, Kecamatan Kundur Utara rusak. Warga terpaksa memanjat kayu untuk dapat naik ke pelantar.
Ponton dan rampdoor Pelabuhan Kampung Asam, Desa Teluk Radang, Kecamatan Kundur Utara rusak. Warga terpaksa memanjat kayu untuk dapat naik ke pelantar.

Karimun, Lendoot.com – Ponton dan rampdoor di Pelabuhan Kampung Asam, Desa Teluk Radang, Kecamatan Kundur Utara, Kabupaten Karimun rusak. Sudah setahun lebih fasilitas tersebut tak kunjung diperbaiki.

Bahkan saat ini kondisinya semakin buruk, padahal pelabuhan ini menjadi sarana penting untuk perekonomian masyarakat karena menjadi fasilitas lalulintas warga Kampung Asam dan sekitarnya.

Selain lantai besi ramdoor yang sudah berlubang, tiang ponton sudah lepas. Apabila air laut pasang, maka ponton tak terlihat lagi karena tenggelam.

“Memang sudah lama. Rusaknya sudah setahun lebih,” kata seorang warga Kundur Utara, Amat.

Penumpang speedboat yang turun di Pelabuhan Kampung Asam terpaksa harus sangat berhati-hati. Pasalnya mereka harus menaiki sebuah tangga kayu agar bisa naik ke dermaga.

“Kondisinya ya begitu. Penumpang terpaksa naik lewat tangga kayu dulu. Dibilang bahaya ya bahaya, karena licin” ujar Amat.

Sejak tahun lalu, wacana perbaikan yang akan dilakukan oleh Dinas Perhubungan Provinsi sudah mulai terdengar. Akan tetapi hingga awal tahun 2019, belum terlihat adanya tanda-tanda pengerjaan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karimun, Fajar Horison yang dikonfirmasi mengatakan dari informasi yang diperolehnya perbaikan akan dilakukan di tahun ini.

“Pengerjaannya oleh provinsi dan mau tahap pelelangan. Kalau kita mengharapkan segera dilelang dan perbaikan dilakukan,” katanya, Selasa (5/2/2019). (parulian turnip)