Karimun, Lendoot.com – Terbakarnya Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Sembilang milik PT ASDP Batam di galangan kapal PT Karimun Marine Shipyard (KMP) berdampak ternganggunya pelayaran rute Batam-Dabo-Kuala Tungkal, Provinsi Jambi.

KMP Sembilang diketahui melayani pelayaran roro ke daerah tersebut. Akibat dari terbakarnya kapal tersebut, pelayaran tujuan tersebut diberhentikan sementara.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Darat RI Irjen Pol Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya meminta kepada ASDP untuk segera mencari kapal penganti KMP Sembilang, agar pelayanan penyeberangan antar pulau itu terus berjalan.

“Kapal itu melayani Batam-Dabo-Kuala Tungkal, otomatis bila harus diperbaiki tentu akan memakan waktu sampai empat bulan lamanya. Kita minta ASDP segera mencari kapal pengganti,” kata Budi.

Budi mengatakan, KMP Sembilang merupakan kapal subsidi dimana ada tangung jawab Pemerintah terhadap lintasan yang telah terbentuk selama ini.

“Masyarakat sudah ketergantungan terhadap adanya kapal tersebut selama ini. Kita minta ASDP segera cari penganti, apabila ASDP tidak bisa menganti tentu mejadi beban dan tanggung jawab saya, sehingga besok (Senin) akan segera kita rapatkan,” katanya. (ricky)