Kapal Dumai Express 15 saat sandar di dermaga Pelabuhan Tanjungbalai Karimun
Kapal Dumai Express 15 saat sandar di dermaga Pelabuhan Tanjungbalai Karimun (Ist)

Karimun, Lendoot.com – Arus Mudik Penumpang tahun 2019 di Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun diprediksi naik sekitar 4 persen, atau sekitar 305.208 penumpang dari pada tahun sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Harian Kepala KSOP Tanjungbalai Karimun Capten Mozes Imannuel Karaeng usai menggelar apel kesiapan penyelenggaraan angkutan lebaran tahun 2019, Senin (20/5/2019).

“Tercatat pada tahun lalu untuk aktivitas Penumpang turun sebanyak 158.271 dan naik di tahun ini dengan prediksi 164.602 jiwa. Sedangkan, untuk Penumpang naik sebanyak 146.937 diprediksi mengalami kenaikan hingga 152.814 jiwa,” ujarnya.

Mozes mengatakan, untuk mengantisipasi penumpukan penumpang tersebut pihaknya akan mempersiapkan posko angkutan laut lebaran 2019 dan penambahan tenda untuk ruang tunggu di Pelabuhan agar bisa menampung calon penumpang yang lebih banyak lagi.

“Diprediksi penumpang mulai ramai pada H-7 nanti. Untuk mengantisipasi itu, kita akan siapkan posko dan tenda dihalaman apel KSOP ini untuk para calon penumpang yang memadati,” katanya.

Pihaknya juga nantinya melakukan penambahan armada kapal dan akan mengatur kuota kapal yang akan transit di Karimun. Penambahan armada itu beberapa perusahaan pelayaran juga sudah menyiapkannya.

“Setiap hari kita tingkatkan koordinasi dan kerjasama agar dapat memantau kenaikan penumpang. Karena untuk kapal pelni yang dilayani adalah untuk penumpang seat, jadi untuk penumpang yang non-seat tidak disediakan,” tutupnya. (riandi)