Karimun, Lendoot.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karimun merampungkan tahapan rekapitulasi perhitungan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 di tingkat Kabupaten.

Dari hasil rekapitulasi, Paslon nomor urut 1 Aunur Rafiq- Anwar Hasyim dinyatakan lebih unggul 86 suara dari sang rival Iskandarsyah-Anwar Abubakar.

Rapat pleno rekapitulasi suara Pilkada 2020 itu selesai sekira pukul 18.15 Wib. Rapat tersebut berlangsung selama 8 jam di Ballroom Hotel Aston Karimun, Rabu (16/12/2020).

“Rapat pleno sudah selesai, pasangan calon nomor urut satu telah ditetapkan perolehan suaranya sebanyak 54.519 suara. Sedangkan, pasangan calon nomor urut dua sebanyak 54.433 suara,” ujar Ketua KPU Karimun, Eko Purwandoko, usai pleno.

Eko menyebutkan, antara pasangan calon Aunur Rafiq-Anwar Hasyim lebih unggul 86 suara dari paslon Iskandarsyah-Anwar Abubakar.

Ia juga mengatakan, dalam rapat pleno tersebut saksi Paslon Bersinar menolak menandatangani berita acara karena mengklaim adanya perbedaan perhitungan suara.

“Benar, mereka tidak meneken berita acara karena ada klaim perbedaan. Oleh karena itu, jika ada keberatan silahkan menggugat karena regulasi memberikan ruang untuk itu,” kata Eko.

Ia mengatakan, penetapan dilakukan oleh KPU Karimun merupakan penetapan perhitungan surat suara. Sedangkan untuk penetapan Bupati dan Wakil Bupati akan menunggu hasil gugatan di MK,” katanya. (rko)