Karimun, Lendoot.com – Aliansi Peduli Kabupaten Karimun (APKK) menggelar tabligh akbar di lapangan BBC, Kelurahan Karimun, Kecamatan Karimun, Selasa (4/2/2020) malam.

Tabligh akbar tersebut diisi ceramah oleh ustadz Habib Rizal Hasal Al Qadri dari Pontianak, Kalimantan Barat dengan mengusung tema ‘Mempererat hubungan silaturahmi antar umat beragama.

Tausiyah agama yang disampaikan Habib Rizal Hasan Al Qadri bahwa para ulama tidak mungkin melakukan perpecahan antar umat beragama. Islam tidak akan pernah menyerang sebelum diserang.

“Islam tidak akan membunuh anak, tidak akan membunuh perempuan, tidak akan mengganggu agama lain. Orang yang mati dalam cinta Rasulullah matinya pasti masuk surga. Sebaliknya, jika benci dengan Rasulullah maka akan di dijebloskan ke Neraka,” ujarnya.

Cucu dari Sultan Syarif itu mengatakan bahwa sebelum Pemerintah dan Polri di bentuk, beliau (Sultan Syarif) telah terlebih dulu mensyiarkan agama islam dengan aman dan damai.

“Saya cucu dari Sultan Syarif, beliau masuk ke Kalbar mensyiarkan agama islam, kala itu Polri belum ada, pemerintah belum ada, penyebaran agama islam masuk dengan aman dan damai.

“Jika ditanya dalam hati kami ini adalah NKRI, karena islam adalah agama yang paling toleransi, tidak ada ribut, kita sama-sama mendengarkan risalah rasulullah. Jika sempat terjadi hal yang tidak baik, jangan urusan sama yang membuat acara. Urusan sama saya,” katanya.

Sementara itu, Koordinator umum Aliansi Peduli Kabupaten Karimun (APKK) Hasyim Tugiran menambahkan, pulau Karimun merupakan pulau yang mulia dan ada sejak jaman kerajaan Riau-Lingga terdahulu, dengan berbagai suku budaya dan agama.

“Kegiatan ini kita laksanakan dengan tidak tergesa-gesa. Semoga Kabupaten Karimun senantiasa tetap dimuliakan Allah SWT. Dengan digelarnya acara ini dapat menjadi bekal serta meningkatkan iman masyarakat,” tambahnya.

Dalam acara tersebut turut dihadiri koordinator Umum APKK Kabupaten Karimun Hasyim Tugiran, Penceramah ustads Habib Rizal Hasan Al Qadri, Ketua LMB Kepri Datuk Azman Zainal, Kabag Ops Polres Karimun Kompol Mukharram, Kasat Reskrim Polres Karimun AKP Herie Purnomo, Ormas, Tokoh agama, Tokoh adat serta Tokoh masyarakat. (rnd)