Karimun, Lendoot.com – Kodim 0317/TBK menggelar apel siap gerak pasukan dalam rangka pengamanan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan Makodim 0317/TBK, Jalan Jenderal Sudirman Poros, Kelurahan Pamak, Kecamatan Tebing, Senin (11/3/2019) pagi.

Dandim 0317/TBK Letkol Arm Rizal Analdie saat menyampaikan amanat Danrem 033/WP mengatakan, untuk pelaksanaan Pilpres dan Pileg pada 17 April 2019 mendatang, perlu menyiapkan dan melatih kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai kemungkinan terjadi pada pelaksanaan Pemilu nantinya.

“Pemilu Pilpres dan Pileg sudah didepan mata, pesta demokrasi akan digelar pada tanggal 17 April 2019 mendatang, ini untuk mengantisipasi terjadinya konflik di lapangan dalam pelaksanaan Pemilu mendatang,” paparannya.

Oleh karena itu, TNI mempunyai tugas dan kewajiban untuk menjaga kedaulatan negara dengan peran aktif membantu Polri dan Pemerintah Daerah menciptakan stabilitas keamanan wilayah yang dapat mengganggu pelaksanaan Pemilu.

“Kita semua harus dapat melakukan langkah antisipasi dengan melakukan deteksi dini dan lapor cepat terhadap segala perkembangan situasi kemudian lakukan tindakan pencegahan sesuai prosedur hukum yang berlaku,” ujarnya.

Rizal menambahkan, pelaksanaan tersebut sesuai dengan permintaan bantuan oleh Polri dan perbantuan pengaman Pilpres dan Pileg.

“Dalam melaksanakan tugas pengamanan pemilu serentak harus sesuai dengan Rule of Engagement (ROE), tentang bagaimana TNI memberikan bantuan kepada Polri,” tambahnya.

Dalam apel tersebut turut dihadiri Dandim 0317/TBK Letkol Arm Rizal Analdie, Palaksa Lanal TBK Mayor Laut (P) M. Ritaudin, Danramil 03/Kundur Mayor Inf Syafrizal, Danpomal TBK Kapten POM (P) Hadi, Dansubdenpom I/6-2 TBK Lettu Cpm F. Nasution, Danunit Intel Lanal TBK Lettu Laut (KH) Hartono. (riandi)