Tanjung pinang, Lendoot.com – Untuk memastikan stok dan harga kebutuhan pokok serta komoditi  jelang Lebaran berlaku stabil, Walikota dan Wakil Walikota Tanjung Pinang meninjau langsung Pasar Tradisional Tanjungpinang, Selasa (28/5/2019).

Dalam tinjauan ini, Syahrul-Rahma ingin memastikan kebutuhan pokok masyarakat menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri dapat terpenuhi dengan harga yang relatif terjangkau.

“Kami ingin memastikan kebutuhan masyarakat jelang Hari Raya Idul Fitri dapat terpenuhi, dan tidak terjadi lonjakan harga,” kata Syahrul.

Syahrul juga mengatakan, harga komoditi yang sudah ditetapkan bersama tim dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tanjungpinang dan BUMD sebagai mitra kerja Pemko Tanjungpinang dapat terus dipantau secara terus-menerus sehingga jika ada lonjakan harga akan segera dilakukan tindakan sesegera mungkin.

“Saya harapkan tidak ada lonjakan harga yang signifikan dalam beberapa hari menjelang lebaran, jika ada lonjakan makan dinas terkait dan BUMD serta stakeholder yang menangani tentang pangan akan segera melakukan pembahasan lagi,” ungkapnya.

Selain itu, Syahrul-Rahma juga meninjau Pasar Ikan KUD sekaligus memantau perkembangan harga ikan yang menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat Kota Tanjungpinang. Ia melihat harga ikan di pasar tersebut tergolong stabil dan terkendali sehingga tidak perlu dikhawatirkan untuk saat ini. “Semoga saja jelang lebaran, harga ikan tidak ada lonjakan juga tetap stabil seperti ini,” harapnya.

Terkait harga daging segar, Syahrul menjelaskan sudah dilakukan pembahasan agar dapat dilakukan keseragaman harga yaitu berkisar Rp 140.000/kg dan juga akan dilakukan pasar murah yang bekerja sama dengan stakeholder dan BUMD Kota Tanjung Pinang.

“Pembelian daging segar dapat dilakukan dengan harga Rp 140.000/kg, ini merupakan kerjasama Pemko Tanjungpinang, BUMD Kota Tanjungpinang dan Outlet Syariah Bintan Center, untuk itu kepada masyarakat yang ingin membeli daging segar dapat langsung ke outlet-outlet yang sudah disediakan yaitu di outlet syariah di samping Pasar Bintan Center, Pasar Baru pintu Timur dan Pasar Baru 2 di depan Pasar Ikan,” tambah Syahrul.

Dalam peninjauan ini, Syahrul-Rahma didampingi Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tanjungpinang, DR. H. Ahmad Yani, M.M, M.Kes, Direktur Utama PT. Tanjungpinang Makmur Bersama, Zondervan, Perwakilan dari Kementerian Perdagangan RI dan anggota TPID Kota Tanjungpinang. (Humaspemkotjpinang/fakh)